Disdikbud Jangkau Siswa Melalui “Kukar Cerdas”

Disdikbud Jangkau Siswa Melalui “Kukar Cerdas”

Kukar, nomorsatukaltim.com – Banyak cara yang bisa dilakukan dalam proses kegiatan belajar mengajar secara jarak jauh atau dalam jaringan (daring). Seperti halnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang memanfaatkan live streaming dari Youtube.

Kukar Cerdas sendiri merekrut sebanyak 50 lebih guru berkompeten menjadi tim kreatif bagi program ini. Hal tersebut menjadi sebuah inovasi dan wadah bagi tenaga pengajar dalam menyampaikan sebuah materi untuk para murid.

“Kukar Cerdas ini merupakan sebuah program live streaming pembelajaran yang dipersiapkan untuk siswa dari kelas satu sampai kelas enam,” kata Sasmiati salah satu guru yang tergabung dama tim kreatif Kukar Cerdas, Senin (19/10/2020) pagi.

Selanjutnya, wanita yang mengajar di SD 027 Kecamatan Tenggarong Seberang ini menjelaskan kepada Nomosatu Kaltim, bahwa setiap guru mengisi materi dengan tampilan Power Point, yang dibuat semenarik mungkin serta sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD).

“Power Point dibuat semenarik mungkin dan sesuai dengan KD yang ingin dicapai, selain itu teman-teman juga mempersiapkan penugasan setiap akhir materi, dan boleh dikirim langsung ke gurunya atau ke kami. Dan itu akan kami tampilkan hasil penugasan mereka, sebagai penghargaan untuk para siswa,” jelasnya.

Kukar Cerdas sendiri, dalam satu harinya dibagi menjadi tiga kelas, dengan menerapkan pembelajaran tematik. Dimana hal tersebut memadukan berbagai mata pelajaran yang memiliki tema sama.

“Di SD itu tematik dan kita membagi-bagikan sesuai dengan tema 1 dan kita bagi dua menjadi sub-sub tema. Jadi misalnya di hari Senin tema 1 dan kita bagi dua,” terangnya.

Durasi yang digunakan dalam program Kukar Cerdas dimulai dari pukul 08.00 WITA sampai dengan pukul 11.00 WITA dan diisi oleh tiga pengajar untuk setiap satu jamnya.

“Jadi kami memberikan sebuah alternatif kepada para guru yang banyak diantaranya kesulitan harus mengajarkan ke siswanya melalui daring. Karena jika para guru membuat video memerlukan waktu, jadi live streaming ini bisa disaksikan langsung dan penugasan bisa ikut dari kami atau gurunya juga dapat memberikan tugas kepada siswanya sendiri,” ungkapnya.

Selama live streaming, Sasmiati menambahkan para guru dan murid dapat berkomunikasi dan bertanya pada sesi tanya jawab. Sehingga memunculkan interaksi bagi para pengikut Kukar Cerdas. (tor/sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: