Mufakat Kanjeng Sinuhun (2): Mr S dan Temuan Kaum Hermes

Mufakat Kanjeng Sinuhun (2): Mr S dan Temuan Kaum Hermes

Penggeledahan Balai Sinuhun oleh Punggawa Militer bukan tanpa sebab. Ada aroma tak sedap menyeruak dalam pelaksanaan proyek perluasan lahan pertanian 1.000 hektare. Kaum Hermes mulanya mengangkat kasus itu. Berdasarkan informasi orang dalam. Selalu saja ada peran orang dalam!.   

--------------

RINTIK hujan tak diundang. Padahal baru beberapa menit berlalu, kawasan kantor Pemangku Kota Ulin tengah terik-teriknya terpapar sinar matahari. Siang itu, sekitar pukul 13.00. Henry Natan, mengurungkan langkahnya.

Aneh!! Tadi panasnya “Naudzubillah”.  Tiba-tiba kok hujan. Henry menengadahkan pandangannya ke arah langit. Dari emperan kantor itu. Ya, matahari masih terlihat terik. Tak ada mendung sama sekali. Awan gelap yang biasanya menyertai, tak terlihat penampakannya. 

Baca juga: Mufakat Kanjeng Sinuhun (1): Geledah

Awalanya ia berencana pulang. Setelah tugas-tugasnya sebagai pewarta selesai. Sebagian tugas bahkan sudah ditulisnya. Dan dikirim untuk segera ditayangkan. Ya, Henry adalah seorang jurnalis media cetak dan elektornik. Sang pembawa pesan. Atau dikenal sebagai Kaum Hermes di kota urban itu.

Henry pun menahan diri. Sampai hujannya reda. Toh, hujan seperti ini tidak akan lama. Padahal, antara parkiran motor dengan gedung kebanggaan Kota Ulin itu, jaraknya hanya selemparan batu saja. Tapi Henry enggan jika baju dan tasnya basah. Ia memilih menunggu di emperan kantor.

Tiba-tiba telepon genggamnya bergetar. Henry mengenal baik nama yang muncul di gawai miliknya itu. Seorang sinuhun. Sekaligus teman ngobrol yang asyik. Senior ketika mengikuti organisasi mahasiswa. Satu almamater. Kakak tingkat. Berselang empat semester dengannya.

“Wow, tumben,” pikir Henry. Biasanya sinuhun seniornya itu kalau menghubungi malam hari. Itu pun jika sang senior kesepian. Tak ada kawan bicara. Henry Natan lah yang sering diajak ngopi-ngopi. Nongkrong di berbagai kedai dan kafe. Hampir semua kafe di Kota Ulin pernah disinggahinya.  

Mereka pun punya istilah sendiri untuk agenda ngopi itu. “Analisa sosial”. Yakni melihat perkembangan masyarakat dari sudut pandang warung kopi. Selain Henry, biasanya ada beberapa teman lagi. Yang juga sering bergabung. Masih satu almamater di kampus terkemuka di Kota Ulin. Antara 3 sampai 4 orang.

Henry dan teman-temannya biasa menyapa sang senior dengan sebutan Mr S – kependekan dari kata “senior”. Memang di antara mereka yang kerap melakukan analisa sosial di warung kopi itu, Mr S lah yang paling senior. Baik senior di organisasi kemahasiswaan, maupun di kampus. 

“Ayok, makan siang dulu sini,” kata senior sinuhun itu.

“Di mana kanda?,” tanya Henry.

“Rumah Makan Gemilang. Kutunggu sekarang,” kata senior itu, mendesak.

Henry pun tak berpikir panjang. Ia berlari menuju parkiran. Ia lupa bahwa sebelumnya berteduh lantaran takut bajunya basah. Kini basah sekalian. Karena hujan yang tadinya rintik tambah membesar. Awan hitam pun mulai datang. Meski datangnya terlambat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: