Pulihkan Ekonomi lewat UMKM

Pulihkan Ekonomi lewat UMKM

baca juga: Dekan FE Uniba soal Langkah Tangkal Dampak Resesi: Saatnya Maksimalkan Sektor Hulu

Penguatan korporatisasi UMKM dilakukan untuk menjaga keberlangsungan usaha melalui penguatan kelembagaan dan perluasan akses pasar secara digital. “Penguatan kapasitas produksi juga dilakukan dengan mendorong kualitas produk dan manajemen UMKM melalui UMKM digital academy, serta mendampingi UMKM terdampak,” ujarnya dalam pemaparan Perekonomian daerah dan Upaya BI Dalam Mendorong Sektor Riil.

Sementara itu, Kementerian Koperasi dan UMKM menekankan dukungan terhadap UMKM di era new normal melalui perluasan akses pasar. Salah satunya dengan aktivasi Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI).  Dan memperbaiki bisnis proses terutama dari sisi kolaborasi, membangun budaya local heroes, peningkatan kapasitas SDM serta perluasan segmentasi.

Staf Khusus Kementerian Koperasi dan UKM RI Agus Santoso mengatakan, langkah Pemerintah Kota Balikpapan bersama Bank Indonesia dalam membentuk UMKM Center Care Balikpapan (UCCB) diharapkan dapat mempercepat pemulihan UMKM di era new normal.

“Keberadaan UCCB diharapkan dapat menjaga kinerja UMKM di tengah pandemi COVID-19 dan menggerakkan perekonomian Balikpapan,” harapnya. (fey/eny)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: