Zero COVID-19, Rektor Uniba Bantah ada Mahasiswanya Terpapar

Zero COVID-19, Rektor Uniba Bantah ada Mahasiswanya Terpapar

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Rektor Universitas Balikpapan (Uniba) Piatur Pangaribuan membantah. Terkait adanya mahasiswa Uniba yang terpapar COVID-19.

Kabar miring tersebut beredar melalui pesan Whatsapp. Dikatakan bahwa fakultas hukum Uniba telah menjadi zona merah. Setelah salahsatu mahasiswa dan satu dosennya telah terpapar. Sehingga seluruh civitas kampus akan diswab dalam waktu dekat. "Tidak benar itu," tegasnya, melalui sambungan telepon, Rabu (26/8).

Menurutnya tidak mungkin ia mengatakan bisa bersikap santai dan biasa saja. Jika benar ada mahasiswanya yang terpapar COVID-19. "Masa saya (bersikap) biasa saja?," katanya. Ia menyebut situasi kampus sampai saat ini aman-aman saja. Bahkan saat wisuda beberapa waktu lalu. Seluruh mahasiswanya sudah menjalani rapid test. Dan tidak ditemukan adanya kasus positif. "Itu kan sudah dirapid test, waktu wisuda," ungkapnya.

Menurutnya Uniba selama ini menjadi percontohan bagi kampus yang lain dalam menggelar wisuda. Karena sejak awal sudah memeriksakan kesehatan semua mahasiswanya. Kemudian tata pelaksanaanya juga sudah mengikuti protokol kesehatan. Mulai dari menerapkan penggunaan masker. Menjaga jarak dan menjaga kebersihan diri. Seperti mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer.

Bahkan sebelum wisuda, pihaknya intens berkoordinasi dengan tim gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Balikpapan. Piatur juga sempat melakukan audiensi dengan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, terkait rencana wisuda mahasiswanya. (ryn/boy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: