Rangkul Milenial Kembangkan UMKM

Rangkul Milenial Kembangkan UMKM

Paham kondisi dan tantangan UMKM yang dikelola anak muda, Rasyid merangkul banyak ide anak muda Batuah. salah satunya dengan dukungan membuka cafe Nge Waroeng di Batuah ini. (Fairus / Nomorsatukaltim)

Kukar, nomorsatukaltim.com - Ada satu inovasi Kepala Desa Batuah Abdul Rasyid yang patut ditiru. Menggandeng anak muda kembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Tak cuma dukungan moril dan motivasi. Pendekatan personal juga dilakukan berdasarkan pengalamannya sebagai pengusaha. “Saya menampung seluas-luasnya ide kaum milenial di Batuah. Generasi selanjutnya membangun desa. Tak mungkin saya biarkan ide-ide itu hilang begitu saja,” jelas Rasyid.

Dulu orientasi anak-anak muda Batuah inginnya mengabdi pada perusahaan pertambangan setelah lulus sekolah. Pola pikir itu harus diubah. Agar bisa bersama membangun dan bergerak. Tentu dengan dukungan pemerintah desa.

Project awalnya adalah membuat UMKM kedai kopi. Saat ini kedai itu menjadi andalan dan ramai. Selanjutnya ia memberikan wadah bagi pembuat seni mural untuk berkolaborasi dengan manajemen kedai kopi. “Membangun desa lewat kreatifitas dengan ide yang out of the box menjadi celah yang menarik bagi mereka dalam pembangunan desa,” selorohnya.

https://www.instagram.com/p/CEQysZbnFcK/?igshid=tjgmfjfsxaf

Salah satu owner UMKM kedai kopi itu, Muhammad Rizaldy (24) misalnya. ia sangat bersyukur memiliki pemimpin seperti Rasyid. Baginya, Rasyid merupakan kades yang selalu menampung aspirasi masyarakat, termasuk anak muda Batuah. Sangatl milenial katanya. Tanpa peran Rasyid, anak-anak muda Batuah mungkin sulit berkembang. Dan tak mendapatkan wadah untuk menyampaikan ide-ide mereka.
“Dulunya anak muda Batuah, sekolah hingga menempuh sarjana, pengen kerja di tambang. Jika di pikirkan kembali, bekerja tetapi tidak ikut membantu mengembangkan desa rasanya sia-sia ilmu yang kita dapat,” ucap lulusan sarjana pertanian di salah satu perguruan tinggi di Samarinda ini.

Motivasi serta arahan Kades membuat semangatnya terpacu. Ide-ide positif langsung disetujui Kades. Gebrakan-gebrakan pembangunan terbangun. “Motivasi serta dukungan moril dan materil dari beliau (Kades Batuah.red) selalu ada. Pada kami. Sering sharing juga. Salut, meski kami tidak ada hubungan keluarga, tapi ia sangat mendukung anak-anak muda di Batuah,” pungkas Rizal. (rm8/boy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: