RSKD Akan Diliburkan, 47 Nakes Terkonfirmasi Positif

RSKD Akan Diliburkan, 47 Nakes Terkonfirmasi Positif

Balikpapan, nomorsatukaltim.com - Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kanujoso Djatiwibowo Balikapapan dr Edy Iskandar, membenarkan informasi yang beredar. Sejumlah tenaga kesehatan di rumah sakit milik pemerintah itu terkonfirmasi positif Coronavirus Disease (COVID-19).

Edy pun mengirimkan pesan yang beredar itu kepada Disway Kaltim. Yang berisi rincian petugas rumah sakit yang diketahui sudah terjangkit SARS-CoV-2. "Ini yang beredar di media sosial, memang benar. Ada beberapa tenaga kesehatan RSKD yang terpapar COVID-19," ujar Edy Iskandar melalui pesan singkat, Jumat (21/8) pagi.

Ia menjelaskan, mulanya beberapa pegawai mengeluhkan sakit seperti gejala COVID-19. Kemudian pihaknya melakukan pemeriksaan Swab Polymerase Chain Reaction (PCR) pada 14 orang tenaga kesehatan itu. Hasilnya positif.

Setelah itu, pihaknya melanjutkan upaya penelusuran atau tracing di kelompok-kelompok kerja pegawai yang terpapar. "Didapatkan lagi beberapa orang positif, termasuk dokter," terang Edy.

"Kami bersyukur deteksi awal cepat dilakukan, sehingga kondisi petugas yang sakit cukup stabil. Mereka yang sakit ada lima orang. Dirawat di ruang isolasi RSKD. Sisanya ada yang isolasi mandiri di rumah atau tempat yang disediakan," jelasnya.

Langkah selanjutnya, kata dia, RSKD akan meliburkan pekerja pada 24 hingga 26 Agustus. "Sehingga jika dihitung sejak tanggal merah dan libur bersama, maka pegawai libur selama seminggu," katanya.

Ia berharap, semua pegawai memanfaatkan waktu tersebut untuk memperbaiki kondisi fisik dan mental. Selama libur, pihak RSKD juga akan berupaya untuk memperbaiki sistem kerja dan membersihkan atau mensterilisasi semua rungan.

"Dan kami terus memonitor kondisi pegawai kami. Jika ada keluhan segera dilakukan pemeriksaan swab dan diisolasi," pungkasnya. (das/dah)

Berikut Tenaga Kesehatan yang Positif COVID-19 di RSKD Balikpapan:

10  Perawat Kamar

5    Penata Anestesi

12  Perawat ICU

17  Perawat Ruangan Rawat Non Covid-19

1    Dokter Anestesi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: