Gubernur Tagih Progres Kegiatan

Gubernur Tagih Progres Kegiatan

Gubernur Kaltara Irianto Lambrie memimpin rapat, Kamis (13/8).

Tanjung Selor, Disway – Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie meminta seluruh kepala biro dan organisasi perangkat daerah (OPD), untuk segera menyerahkan laporan progres berbagai kegiatan yang telah dilakukan selama ini.

Laporan itu, ditujukan kepada Gubernur, juga lembaga terkait yang membutuhkan. “Laporan progres kegiatan biro maupun OPD ini penting disampaikan. Karena, dari situ dapat diketahui sejauhmana realisasi kegiatan di tiap biro maupun OPD.

Juga sebagai bentuk pertanggungjawaban sementara waktu atas pemanfaatan anggaran daerah terhadap lembaga terkait. Jadi, jangan lalai,” kata pada rapat staf, Kamis (13/8).

Arahan lain yang disampaikan, yakni terkait perkembangan jumlah penduduk. Gubernur meminta agar datanya harus selalu di-update oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kaltara.

“Diupayakan penyajian jumlah penduduknya lebih akurat dan sebisa mungkin lebih terperinci, daripada data penduduk yang disampaikan Badan Pusat Statistik (BPS),” ujarnya.

“Selain itu, cara penyajian dan kecepatan updating data penduduk, harus diperhatikan sebaik mungkin. Dengan begitu, maka akan memperoleh apresiasi dari kementerian terkait. Bahkan, memungkinkan diperolehnya dana alokasi khusus (DAK) dari kementerian terkait,” tambah Irianto.

Ia juga memerintahkan percepatan pembahasan nota pengantar dan KUA-PPAS Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Perubahan 2020.

“Soal APBD Perubahan, agar dilakukan pembahasan KUA-PPAS secepatnya sesuai jadwal yang ada. Juga sudah ada penyampaian dari DPRD Provinsi Kaltara, agar pembahasan nota pengantar dan KUA-PPAS RAPBD Perubahan 2020, dapat segera dilakukan,” ujarnya.

Selanjutnya, Irianto juga membahas rangkaian kegiatan yang akan dilakukan dalam sisa bulan ini. Pertama, soal penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) Pemprov Kaltara tahap IV. Perdananya akan dilakukan di Kota Tarakan.

“Insya Allah, pada Sabtu (15/8), akan dilakukan penyerahan BST Pemprov Kaltara. Bersamaan dengan peresmian Pelabuhan Tengkayu I Kota Tarakan. Dilanjutkan pada hari yang sama, peresmian SMK Negeri 1 Bunyu di Pulau Bunyu, Bulungan,” ujarnya.

Irianto juga mengagendakan dilakukan penyerahan bantuan partai politik, yang akan dilakukan pada bulan ini. “Direncanakan akan diserahkan secara simbolis pada pekan terakhir Agustus.

Dalam penyerahannya nanti, sangat ditegaskan, agar pimpinan parpol penerima bantuan menerimanya langsung. Apabila tidak hadir, maka penyerahannya akan ditunda,” ujarnya.

Rencananya, Irianto juga bakal meresmikan Kantor Badan Penghubung Perwakilan Kota Tarakan dan Toko Indonesia di Krayan. Dalam waktu dekat. HMS/REY

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: