Kasus Positif Bertambah 36

Kasus Positif Bertambah 36

Ilustrasi penyebaran lewat udara: Kerumunan warga di Jl Lambung Mangkurat, Pasar Rahmat, Samarinda. Diabadikan Disway Kaltim, (21/7) Pagi.(Dian Adi Probo Pranowo/Nomorsatukaltim)

Samarinda, nomorsatukaltim.com – Pasien positif COVID-19 di Kalimantan Timur bertambah 36 kasus. Paling banyak di Kutai Kartanegara (Kukar) sebanyak 12 kasus. Kemudian di Balikpapan, Berau, Bontang masing-masing 1 kasus. Kutai Barat 3 kasus, Penajam Paser Utara (PPU) 4 kasus. Kemudian Samarinda 6 kasus dan Kutai Timur (Kutim) 8 kasus.

“Mayoritas penambahan terjadi karena transimisi lokal. Pernah kontak dengan pasien yang sebelumnya terkonfirmasi positif. Tapi, penambahan dari beberapa perusahaan,” kata Andi M Ishak, juru bicara Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19 dalam konfrensi pers via daring, Kamis (6/8).

Akumulasi kasus terkonfirmasi positif hingga saat ini sudah sebanyak 1.701. Di hari yang sama, pasien sembuh juga ada 47 kasus. Terjadi di lima daerah. Yaitu, Berau, Kukar, Kutim, Paser dan Samarinda.
“Seluruh kasus tersebut dinyatakan sembuh karena telah melalui masa isolasi 10 hari. Dan hasil pemeriksaan klinis dari dokter penanggung jawab pelayanan, menyebut sudah tidak ada gejala apapun,” bebernya.
Jumlah kasus pasien positif hingga saat ini mencapai 1.080 kasus. Yang masih dirawat berjumlah 579 kasus. Pasien meninggal 42 kasus. “Hari ini, tidak ada pasien meninggal,” ungkapnya.

Ia pun meminta kepada masyarakat lebih peduli dengan diri sendiri. Dengan selalu menerapkan protokol kesehatan. Karena, garda terdepan untuk penanganan wabah ini adalah masyarakat sendiri. Tim medis merupakan garda terakhir. (mic/dah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: