Teka-Teki PDIP

Teka-Teki PDIP

Norhayati Andris

Tanjung Selor, Disway – Arah PDIP mengusung bakal calon gubernur dan wakil gubernur Kaltara, di Pilkada Serentak 2020, masih menimbulkan tanda tanya. Siapa bakal calon yang akan diusung partai berlambang banteng moncong putih itu.

Hingga Selasa (4/8), partai politik yang dipimpin Megawati Soekarnoputri itu, belum juga memberi kepastian bakal calon yang akan diusung di Pilgub Kaltara.

Sekretaris DPD PDIP Kaltara, Norhayati Andris, ketika dihubungi media ini, kemarin, juga mengaku belum mendapat kabar, siapa bakal calon Pilgub Kaltara yang akan mendapatkan surat keputusan partai.

"Belum ada info apa pun," ujarnya, dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp.

Sebelumnya, PDIP kabarnya akan mengusung Irjen Pol Indrajit, perwira tinggi yang kini menempati jabatan Analis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri -sebelumnya merupakan Kapolda Kaltara.

Kendati demikian, Norhayati pun mengaku belum mengetahui, apakah DPP PDIP sudah pasti mengusung Indrajit. “Kita tunggu ya. Saya juga belum tahu hasilnya bagaimana,” ujarnya.

Kabar adanya komunikasi intens, yang dibangun pasangan Zainal A. Paliwang – Yansen TP ke PDIP, juga ditegaskan Norhayati belum mengarah ke pasangan dengan akronim ZIYAP itu.

“Belum. Masih diatur,” ujarnya membalas pesan WhatsApp media ini.

Sementara itu, Sekretaris DPD Partai Demokrat Kaltara, Muddain, menyatakan dirinya belum berani menyampaikan, apakah PDIP akan merapat ke pasangan Zainal A. Paliwang – Yansen TP.

“Tapi kalau komunikasi, iya ada komunikasi. Komunikasi (dengan PDIP, Red) masih terbangun dengan baik,” ujarnya.

Sejauh ini, partai politik yang sudah pasti memberikan rekomendasi ke pasangan ZIYAP, yaitu Demokrat. Selain itu, partai politik lain yang kabarnya memberi dukungan ke ZIYAP, yakni PKB dan PPP. Termasuk komunikasi intens ke Partai Gerindra dan PDIP.

Hanya saja, Muddain pun belum berani memastikan bahwa partai politik tersebut, sudah fiks memberi dukungan. “Yang jelas, sinyalnya positif,” ujarnya.

Sebelumnya, Muddain juga mengatakan bahwa komunikasi terus dilakukan, dengan partai politik yang belum membentuk koalisi. Bahkan, dia menyatakan komunikasi sudah hampir final.

Sedangkan Sekretaris DPD Gerindra Kaltara, Kosmas Kajan, menyatakan secara pribadi dan pengurus Gerindra Kaltara, berharap pasangan ZIYAP intens menjalin komunikasi ke DPP Gerindra. “Karena hanya tinggal komunikasi saja,” ujarnya.

Menurutnya, komunikasi merupakan hal yang sangat mudah dilakukan. Sebab, persoalan teknis yang berkaitan dengan cocok dan tidaknya, Gerindra dan pasangan ZIYAP sudah oke.

“Kalau (komunikasi, Red) dengan DPD Gerindra Kaltara, saya kira cukup. Apalagi, Brigjen Zainal A. Paliwang, komunikasinya sangat bagus dengan kami di Gerindra Kaltara,” ujarnya. */ZUH/REY

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: