Untung Pegadaian Kalimantan Membubung

Untung Pegadaian Kalimantan Membubung

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Di tengah situasi paceklik, PT Pegadaian (Persero) Wilayah IV Kalimantan menorehkan kinerja ciamik. Ini karena perusahaan mampu merealisasikan pertumbuhan pencapaian saluran pinjaman atau outstanding loan/OSL. Tercatat pada semester I 2020 berhasil membukukan sebesar Rp 4 triliun lebih. Dengan laba Rp284 miliar.

Apabila dibandingkan 30 Juni 2019 maka realisasi tersebut tumbuh sebesar 20,68 persen. Bahkan jika dibandingkan dengan periode yang sama, realisasi tumbuh 120 persen.

Kepala Departemen Bisnis dan Analisis Kanwil IV Kalimantan Eko Cahyanto mengungkapkan pada semester I 2020 penyaluran tetap tumbuh dibanding tahun lalu. Hanya saja pada semenjak April melambat.

“Pada bulan Mei kinerja lebih rendah dari April 2020. Alhamdulillah bulan Juni perlahan mulai naik kembali,” jelas Eko Cahyanto saat dihubungi Ahad, (2/8).

Pencapaian OSL tersebut masih disokong produk gadai dengan kontribusi 78 persen.  Selanjutnya disusul produk non gadai (mikro dan pembiayaan). Seperti kredit usaha jaminan BPKB Kreasi dan pembiayaan kendaraan bermotor yang dikenal dengan produk Amanah.  “Realisasi OSL jika dibanding pada 31 Desember 2019 tetap tumbuh sebesar 5,45 persen,” sebutnya.

Menurut Eko, pada semester I 2020 Pegadaian juga berhasil membukukan jumlah pelanggan sebanyak 1,1 juta pelanggan.  Saat ini semakin banyak masyarakat yang datang pegadaian bukan ketika membutuhkan dana atau pembiayaan. “Tetapi nasabah juga memanfaatkannya untuk berinvestasi. Pegadaian juga punya produk nabung emas dan sebagainya,” ujarnya.

Kinerja tersebut, didorong oleh sejumlah produk inovatif berbasis digital yang diluncurkan perseroan dan agresivitas dalam menjalin sinergi dan kolaborasi dengan ratusan mitra di tanah air.

“Promosi menggunakan media digital dan kegiatan pemasaran virtual seperti seminar online, brosur digital. Salah satu upaya kami untuk terus mempromosikan produk yang dimiliki, meski ditengah pandemi,” katanya.  Untuk mendongkrak di semester II 2020. Pegadaian akan terus mengeluarkan program promo cashback dan diskon. (fey)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: