Akun Bodong Sekprov Beredar, Modus Pinjam Uang Rp 15 Juta

Akun Bodong Sekprov Beredar, Modus Pinjam Uang Rp 15 Juta

Samarinda, nomorsatukaltim.com - Kembali terjadi, akun sosial media (Sosmed) bodong atau palsu muncul di Facebook mengatas namakan pejabat. Kali ini Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Sekdaprov Kaltim) Muhammad Sabani yang menjadi giliran.

Tak segan pula, akun palsu tersebut modus meminjam uang sebesar 15 juta rupiah, bahkan sampai meminta persetujuan pertemanan kepada orang-orang yang dikenal Sekdaprov Kaltim tersebut. Dihubungi melalui telepon seluler, pria yang akrab disapa Sabani ini menyebutkan bahwa kejadian tersebut baru terjadi kemarin, pada pukul 13.00 Wita.

"Baru aja tadi, sekitar jam 1 an," ucapnya melalui telepon seluler, Sabtu (1/8/2020) sore kemarin.

Sabani menjelaskan, pengatas namaan tersebut melalui akun Facebook, dengan memajang muka dirinya. Lalu akun tersebut meminta pertemanan ke orang-orang yang kebetulan berteman dengan akun pribadinya.

"Dia bikin foto saya, bikin di akun FB gitukan, terus minjam - minjam uang ke orang," ujarnya.

Ia melanjutkan dirinya sudah membuat pemberitahuan melalui status di aplikasi pesan instan. Ia merasa khawatir karena kejadian ini bisa saja terjadi kepada orang yang tidak mengetahui bahwa akun tersebut bukanlah miliknya. Kemudian memberikan dana yang diminta oleh oknum tersebut.

"Dia hanya main di FB melalui Massager, khawatir itu merambat ke WhatsApp makanya di WA saya membuat info juga karena banyak kawan-kawan yang punya FB juga," sambungnya.

Saat disinggung terkait tindak lanjutnya, ia menyebutkan saat sekarang hanya meyampaikan pemberitahuan saja. Kecuali apabila ada korban karena ulah oknum tersebut, dirinya akan melakukan pelaporan ke aparat berwajib.

"Yang terpenting kawan - kawan tidak ada yang tertipu, kita susah juga kan melacaknya. Nah kecuali ada yang tertipu. Maka kita akan melakukan pelacakan dan pelaporan lebih jauh," pungkasnya. (nad/boy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: