Relawan Bagi-Bagi APD

Relawan Bagi-Bagi APD

Sejumlah relawan membagikan masker kepada pengendara. (Robbi/Nomorsatukaltim)

Penajam, nomorsatukaltim.com - Anak muda gabungan berbagai komunitas mengambil langkah konkret. Untuk memutus tersebarnya COVID-19 di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Menjadi relawan.
Hari ke hari kasus positif di Kaltim kian bertambah. Di dua kota terbesar, Samarinda dan Balikpapan sepekan terakhir melonjak.

Tak menutup kemungkinan penyebaran menjalar ke daerah lainnya. Terkhusus ke PPU. Mengingat wilayah ini merupakan jalur lintas dalam daerah. Bahkan provinsi.
"Saat ini pemerintah mengambil langkah untuk melonggarkan aktifitas masyarakat. Tentu protokol kesehatan menjadi senjata utama untuk keluar rumah," ucap Agung, salah seorang relawan.

Aksi yang mereka lakukan ialah membagikan alat pelindung diri (APD). Berupa masker ke pengendara. Ratusan masker dibagikan di beberapa titik jalan. Lalu juga pakaian APD. Diserahkan ke puskesmas-puskesmas. Jumlahnya puluhan.
"Memang yang kami bagikan tidak seberapa. Tapi tujuan utama yang ingin kami raih adalah memantik kesadaran masyarakat untuk waspada," lanjutnya.

Kegiatan ini didukung Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI serta anggota Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian. Kegiatan pemuda ini juga digelar di banyak daerah di Kaltim.

Kepala Tata Usaha Puskesmas Penajam, Farida menuturkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas aksi nyata ini. Ia mengapresiasi langkah anak muda untuk peduli. "Kami sangat terbantu. Puskesmas ini membutuhkan APD yang sangat banyak. Karena pakaian APD selalu digunakan tidak hanya untuk penanganan COVID-19," ucapnya. Ia berharap aksi ini juga bisa diikuti pemuda lainnya untuk bergerak. (rsy/eny)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: