Bentuk Tim Pengawas

Bentuk Tim Pengawas

Madri Pani

Tanjung Redeb, Disway – Dinas Petanian dan Peternakan (Distanak) Berau, diminta segera melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan hewan kurban jelang Hari Raya Iduladha1441 Hijriah/2020.

Dikatakan Ketua DPRD Berau, Madri Pani, pemeriksaan kesehatan sangat penting, guna menjamin hewan kurban bebas dari penyakit. Dan, layak dikonsumsi masyarakat.

“Kami juga meminta tim pengawas yang dibentuk, agar memeriksa seluruh kesehatan fisik dan kelayakan hewan kurban. Jangan sampai ternak yang beredar tidak sehat,” ujarnya, kemarin.

Setelah dinyatakan sehat, lanjut Madri, hewan ternak harus diberikan tanda lulus uji pemeriksanaan kesehatan.

Dari Distanak Berau. Sehingga, memudahkan masyarakat memilih ternak yang berkualitas untuk dikurbankan nantinya.

“Yang sehat dikasih tanda, sedangkan ternak tidak sehat, jangan diperjualbelikan. Bukan tidak boleh dijual, sehatkan dulu ternaknya,” ujarnya.

Selain itu, Madri Pani juga mengingatkan, agar penjualan hewan kurban memperhatikan lokasi di sekitarnya.

Jangan sampai mendapatkan protes dari warga, karena dianggap mengganggu. Seperti aroma tidak sedap, maupun kelancaran arus lalu lintas.

Penjual hewan kurban pun, kata dia, penting menjaga keindahan dan kebersihan lingkungan, serta menerapkan protokol kesehatan di masa pandemik COVID-19.

“Jangan sampai lokasi penjualan hewan ternak terlihat kumuh, dan dijual di sembarang tempat. Sehingga, perlunya pendekatan pemerintah dengan para pedagang,” ujarnya. */JUN/REY

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: