Program Disdikpora PPU Terantuk Anggaran; Pilih Prioritas, Ada yang Ditunda

Program Disdikpora PPU Terantuk Anggaran; Pilih Prioritas, Ada yang Ditunda

PENAJAM, nomorsatukaltim.com - Pandemi COVID-19 diprediksi akan memengaruhi beberapa hal. Termasuk anggaran pendapatan daerah. Yang rasanya akan menurun di tahun 2021.

Oleh karena itu, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) sigap melakukan persiapan. Salah satunya di sisi kependidikan.

Ketua Komisi II DPRD PPU Wakidi menuturkan, pihaknya akan mengupayakan agar pengalokasian anggaran tetap optimal. Parlemen sudah menggelar rapat kerja bersama Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) PPU. Untuk membahas rencana prioritas tahun 2021.

"Karena kemungkinan anggaran akan sangat dikurangi. Jadi bisa saja terbatas untuk belanja," katanya diwawancarai beberapa waktu lalu.

Adapun beberapa usulan yang telah disampaikan akan berubah. Menyesuaikan anggaran yang ada nanti. Pun, akan melalui pertimbangan semua anggota dewan.

"Mana yang diprioritaskan. Mana yang bisa ditunda," sebutnya.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menguraikan hal ini perlu segera dilakukan. Karena pendidikan hal utama.

"Jadi saat rapat berkaitan dengan KUA-PPAS sampai pembahasan, sudah bisa mendapatkan gambaran," jelasnya.

Ada beberapa masukan kebutuhan prioritas yang disampaikan Disdikpora PPU. Di antaranya soal pengadaan pagar, ruang kelas belajar (RKB) dan pengadaan seragam.

Dari pantauannya pula, kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan di PPU masih terbatas. Oleh karenanya dimungkinkan saja ini menjadi prioritas.

Tapi pihaknya masih perlu mendapatkan masukan dari tiap anggota dewan di tiap daerah pemilihan (dapil). Karena berkaitan dengan ini sangat subjektif kasus per kasus.

"Itu memang urgen. Tapi bisa semua. Bisa sebagian. Masih kita lihat dulu," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: