Pilwali Balikpapan Diperkirakan September 2020

Pilwali Balikpapan Diperkirakan September 2020

Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha

Balikpapan, DiswayKaltim - Masih belum hilang diingatan masyarakat riuhnya pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan anggota legislatif (Pileg) serentak, tahun depan warga Balikpapan juga akan tersedot perhatiannya untuk pemilihan wali kota.

Balikpapan masuk dalam jadwal rangkaian pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak di Indonesia, bersama 270 kabupaten dan kota lainnya.

Sayangnya hingga saat ini, KPU Balikpapan belum memiliki jadwal tahapan pastinya.

Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha mengatakan, pihaknya hingga kini masih menunggu PKPU (Peraturan Komisi Pemilihan Umum) yang mengatur tentang tahapan program dan jadwal pilkada serentak.

"Kita masuk serentak. Ada 271 kota kabupaten, termasuk Balikpapan. Tahapannya, karena ini pilkada serentak, maka diatur secara nasional. KPU RI yang membuat rancangan PKPU-nya. Rancangan PKPU yang mengatur tahapan. Nanti rancangannya akan dishare ke kabupaten kota, DPR RI juga. Nanti ada uji akademiknya. Setelah itu ditetapkan," jelasnya, Senin (10/6/2019)

Jadi, untuk saat ini, KPU Balikpapan belum berbuat apa-apa. Thoha dan tim masih menunggu draft PKPU dari pusat baru bisa bergerak.

Berdasarkan informasi bocoran yang diterima KPU Balikpapan, pemilihan serentak dan perhitungan suara hasil pemilihan akan berlangsung September 2020.

"Dan biasanya rangkaiannya itu selama 8 bulan. Jadi kalau ditarik 8 bulan ke belakang, waktunya cukup saja. Tidak mepet," tuturnya. (ari/dwa) Baca juga: Usulan Anggaran Pilwali Balikpapan Rp 70 Miliar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: