Fenomena Rojali dan Rohana di Mal Kian Merajalela
Fenomena "Rojali" dan "Rohana" Bikin Resah Pedagang Di Mal, Hanya Nanya Tanpa Beli-Dok. Nomorsatukaltim-
BACA JUGA : Pasang Laut 2,9 Meter pada 27 Juli 2025, BMKG Imbau Warga Pesisir Waspada
“ITC ini dari dulu memang sudah mulai sepi, apalagi sekarang orang lebih banyak belanja online. Tapi yang datang ke sini malah cuma tanya harga, kadang bandingin dengan online, terus bilang, ‘Oh di Tokopedia lebih murah,’ dan pergi begitu saja,” tuturnya.
Fenomena serupa juga dirasakan oleh beberapa pedagang lainnya.
Mereka mengaku tidak bisa berbuat banyak, karena sebagai pelaku usaha, memberikan pelayanan tetap menjadi kewajiban, terlepas dari apakah pengunjung berniat membeli atau tidak.
“Memang enggak bisa kita tolak. Tapi jujur saja, kadang kita berharap yang datang itu benar-benar niat beli. Kalau hanya tanya-tanya, ya boleh-boleh saja, tapi kalau terus-menerus tanpa transaksi, kita juga yang rugi,” ujar Dedi, pemilik toko aksesoris HP di lokasi yang sama.
BACA JUGA : Harga Emas Antam Turun 3 Hari Berturut-turut, Emas Global Juga Loyo
Sejumlah pelaku usaha berharap ada solusi jangka panjang dari pengelola pusat perbelanjaan untuk mengatasi situasi ini.
Beberapa di antaranya menyarankan peningkatan program promosi dan menarik kembali minat belanja masyarakat secara langsung, terutama agar konsumen tidak hanya datang untuk membandingkan harga dengan platform daring.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Sumber:
