APD Masih Banyak

Rabu 15-07-2020,11:50 WIB
Reporter : admin3 diskal
Editor : admin3 diskal

PERSEDIAAN APD di RSUD dr Abdul Rivai masih mencukupi.

Tanjung Redeb, Disway – Persediaan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis, diakui Direktur RSUD dr Abdul Rivai, Nurmin Baso, masih cukup banyak.

“Alhamdulillah, stok APD kami masih banyak,” ujarnya kepada Disway Berau, Selasa (14/7).

Ia menegaskan bahwa stok yang tersedia mampu untuk digunakan selama satu bulan. Jika tidak ada penambahan kasus. “Kalau jumlah pasien tetap, maka penggunaan APD akan lebih hemat,” katanya.

Namun, jika pasien terus bertambah, penggunaan APD pun cepat berkurang. Karena, penggunaan APD hanya bisa dipakai satu kali, selama berada di ruang isolasi. “Kalau habis dipakai langsung dimusnahkan,” ujarnya.

Persediaan APD di pihaknya, di antaranya, alkohol 70%, aseptan, aseptic gel, dan coverall gown. (Selengkapnya lihat infografis).

Ia menuturkan, setiap tenaga medis yang menggunakan APD memiliki tingkat level berbeda-beda. Pemakaian APD tingkat 1-3 disesuaikan dengan tempat bertugas. Pada pemakaian APD level 3, digunakan para tenaga medis yang menangani langsung pasien COVID-19.

Selain itu, ia juga menegaskan, berupaya untuk memberikan proteksi maksimal kepada para tenaga medis, dan pengunjung rumah sakit. “Itu makanya jam besuk ditiadakan. Salah satu alasan kami, ya ingin semua orang yang di RSUD itu tidak terjangkit virus tersebut,” ujarnya. */FST/REY

Tags :
Kategori :

Terkait