TCM Sempat Beda Hasil

Selasa 14-07-2020,14:44 WIB
Reporter : admin3 diskal
Editor : admin3 diskal

Iswahyudi

Tanjung Redeb,Disway – Sempat terjadi perbedaan hasil pemeriksaan sampel antara Tes Cepat Molekuler (TCM) RSUD dr Abdul Rivai, dengan Polymerase Chain Reaction (PCR) Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Kalimantan Timur, sampel Berau-50 dipertanyakan.

Berdasarkan hasil pemeriksaan TCM, sampel Berau-50 dinyatakan negatif. Namun, hasil pemeriksaan PCR Labkesda dinyatakan terkonfirmasi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) pada 11 Juli.

Kepala Dinas Kesehatan Berau, Iswahyudi mengatakan, hal tersebut bisa saja terjadi. Menurutnya, semua tergantung pengambilan sampel dan hal-hal teknis lainnya. Maka dari itu, pihaknya melakukan pengujian sampel swab dua kali.

Dikatakannya, ada dua alasan kenapa sampel tersebut dikirim ke Labkesda Provinsi. Yang pertama, sampel tersebut dijadikan pembanding antara hasil dari TCM dengan PCR.

Dan yang kedua, untuk menghemat cartridge TCM.

Kendati demikian, pemeriksaan berdasarkan TCM tetap bisa dipercaya dan dinyatakan akurat. Pasalnya, alat tersebut ada karena rekomendasi dari Kementerian Kesehatan.

“Hasil TCM itu bisa dipertanggungjawabkan,” ujarnya kepada Disway Berau, Senin (13/7).

Tags :
Kategori :

Terkait