Comdev Indominco Diapresiasi Bupati Kukar

Kamis 09-07-2020,21:21 WIB
Reporter : Benny
Editor : Benny

KUKAR, DiswayKaltim.com -PT Indominco Mandiri (IMM) patut diapresiasi dan menjadi dicontoh. Karena kembali menyalurkan partisipasi Program Community Development (Comdev) kepada 3 desa binaannya.

Yaitu Desa Santan Ilir, Santan Tengah, dan Santan Ulu, di Kecamatan Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Rabu (8/7).

“Ada beberapa bantuan yang diberikan. Ada pemenuhan air bersih di dua desa. Untuk Desa Santan Tengah telah konsisten dikembangkan sejak 2013. Kemudian di Desa Santan Ilir dimulai 2019 lalu," terang Mine Head PT IMM Era Tjahya Saputra pada Disway Kaltim.

Tambah Era, saat ini fasilitas air bersih di Santan Tengah telah dinikmati oleh 90 persen warga. Ini sebagai bentuk upaya konservasi IMM fokus pada sumber air yang ada.

Partisipasi IMM di Santan Ilir juga tidak ketinggalan. Yakni melakukan penyediaan tandon dan pipanisasi air bersih. Sepanjang 3.200 meter, lewat program PPM. 

"Kedua fasilitas ini melibatkan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dalam pengelolaannya. Sehingga nantinya dapat berkontribusi dalam menyumbangkan PAD," ujar Era lagi.

Sebagai upaya konservasi IMM pada air bersih di Desa Santan Tengah itu ditandai dengan aksi penghijauan. Yaitu, menanam bibit pohon di sekitar wilayah WTP Santan Tengah. Karena bertepatan peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) 2020.

Kemudian, dirangkai serah terima mobil ambulans ke Desa Santan Tengah. Agar menjadi fasilitas supporting Program Pencegahan Stunting dari IMM. Hal itu sesuai dengan komitmen Comdev IMM bidang kesehatannya. Terlebih sudah disepakati dan tandatangan pada Desember 2019 kemarin. Tepatnya di kegiatan Loka Karya Gerakan Keluarga Peduli Pencegahan dan Atasi Stunting (LKGKPPAS) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kertanegara (Kukar). 

Era Jaya Tjahsaputra melakukan penanaman bibit pohon di Desa Marangkayu usai serah terima berbagai Comdev pada Pemkab Kukar. (Ichwal Setiawan/Disway Kaltim)

"Selain dapat membantu ibu hamil, kami berharap bantuan ambulans ini dapat memberikan manfaat pelayanan kesehatan secara maksimal. Karena jarak Desa Santan Tengah ke rumah sakit cukup jauh. Juga bisa digunakan dalam kondisi darurat," urai pria ramah ini.

Program comdev di bidang kesehatan IMM tidak cukup sampai di situ. Dijadwalkan dalam waktu dekat ada aksi sosial pengobatan gratis di 3 desa binaannya tersebut.

Selanjutnya dalam upaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) bidang keagamaan juga tidak kalah mulia. IMM memiliki program Tahfidz Quran di Desa Santan Tengah. Kegiatan ini diawali dengan membangun dan renovasi 2 rumah tahfiz pada 2019. 

Tentunya kelengkapan fasilitas sarana prasarana juga ditambah. Seperti kasur, kipas, tikar dan lemari. Karena Desa Santan Tengah akan dikembangkan sebagai Desa Tahfidz. Bertema PPM Generasi Cerdas Berkarakter. 

"Ini upaya kami dalam membantu meningkatkan spiritualisme masyarakat di wilayah kerja kami," bebernya.

Tags :
Kategori :

Terkait