Reaktivasi Sangalaki Bertahap

Kamis 09-07-2020,11:37 WIB
Reporter : admin3 diskal
Editor : admin3 diskal

SALAH satu spot foto di Pulau Sangalaki. Reaktivasi pulau konservasi penyu ini dilakukan bertahap.

Tanjung Redeb,Disway – Taman Wisata Alam (TWA) Pulau Sangalaki belum dibuka secara umum, terutama bagi wisatawan luar daerah. Reaktivasi akan dilakukan secara bertahap.

Seperti disampaikan Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim, Dheny Mardiono, sedang dipersiapkan protokol kesehatan sebelum membuka TWA Sangalaki untuk umum.

Syarat yang ditetapkan oleh kementerian, kata dia, harus dipenuhi. Di antaranya, secara rutin dilakukan penyemprotan disinfektan pada fasilitas wisata, menyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer.

Selain itu, petugas yang berjaga di pulau tersebut, harus menggunakan alat pelindung diri seperti masker dan face shield.

“Termasuk menyediakan pengukur suhu tubuh, dan membatasi jumlah pengunjung dalam menerapkan phyisical distancing.

Untuk pembatasan ini, nanti akan kami tetapkan berapa jumlah maksimal dalam satu hari ke pulau itu. Tapi ini belum ditetapkan,” kata Dheny, Selasa (7/7) lalu.

Sementara untuk wisatawan, selain wajib membeli tiket masuk, menggunakan masker, juga harus mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pengelola Sangalaki.

“Termasuk menjaga jarak, dan tidak membuang sampah sembarangan, khususnya sampah plastik,” tambahnya.

Tags :
Kategori :

Terkait