BKSDA Evakuasi Elang Bondol

Rabu 08-07-2020,10:53 WIB
Reporter : admin3 diskal
Editor : admin3 diskal

ELANG bondol yang dievakuasi BKSDA, Senin (6/7). Burung tersebut kini berada di Kantor BKSDA Kaltim.

Tanjung Redeb,Disway - Petugas Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Timur (Kaltim), mengevakuasi seekor burung jenis Elang Bondol (Haliastur indus) yang ditemukan oleh anggota Kodim 0902/TRD, Senin (6/7).

Kepala SKW I BKSDA Kaltim Dheny Mardiono mengatakan, burung tersebut dievakuasi, setelah adanya kabar penempuan Elang Bondol menyebar di sejumlah grup media sosial WhatsApp.

"Yang menemukan pertama kali itu anggota TNI di halaman kantor Dispenda Berau. Karena diyakini ada pemiliknya, maka yang bersangkutan mengumumkan penemuan burung itu di grup WhatsApp, agar dapat kembali diambil oleh pemiliknya.

Dari situ kami ketahui, dan langsung evakuasi," ujarnya, Selasa (7/7).

Dalam evakuasi yang dilakukan, burung langsung diserahkan kepada pihaknya. Apalagi anggota TNI itu juga berniat melepaskannya, jika dalam waktu 3 hari tidak ada pemiliknya yang mengambil.

Usia Elang Bondol yang ditemukan, diperkirakan masih sekira 4 bulan. Bahkan, dari postur tubuh dan bulu, masih kecil dibandingkan Elang Bondol dewasa.

"Kami menduga elang ini sudah dipelihara sejak kecil, sehingga sangat jinak dengan manusia. Bahkan saat dievakuasi kemarin sempat lepas. Tapi bisa ditangkap lagi, karena itu tadi, sudah sangat jinak dengan manusia," terangnya.

Tags :
Kategori :

Terkait