OTG Diduga Berkeliaran

Rabu 08-07-2020,10:39 WIB
Reporter : admin3 diskal
Editor : admin3 diskal

Iswahyudi

Tanjung Redeb,Disway – Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 kembali merilis kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Bumi Batiwakkal, Selasa (7/7). Diduga, ada Orang Tanpa Gejala (OTG) yang menularkan.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Berau, Iswahyudi mengatakan, berdasarkan pemeriksaan sampel atau swab test yang dilakukan di RSUD dr Abdul Rivai 6 Juli, pihaknya mendapatkan hasil positif COVID-19, terhadap pria berinisial JS (49), warga kelurahan Bedungun, dan selanjutnya disebut Berau-45.

Yang mengejutkan, berdasarkan penelusuran, pria tersebut tidak memiliki riwayat perjalanan dari daerah terpapar, atau bahkan kontak erat dengan pasien positif.

Diungkapkan Iswahyudi, Berau-45 ini, memiliki gejala pneumonia yang cukup berat saat melakukan pemeriksaan karena sakit. Sehingga dilakukan foto rontgen, dan hasilnya pun cukup buruk, diputuskan untuk dirujuk ke RSUD dr Abdul Rivai, dilakukan swab.

“Kami belum tahu, apakah paru-parunya itu terpapar oleh COVID-19 atau karena hal lain. Bisa saja karena rokok. Tapi kami belum dapat informasi yang bersangkutan seorang perokok atau bukan,” jelasnya kepada Disway Berau, Selasa (7/7).

Iswahyudi menduga, bahwa virus itu dibawa oleh Orang Tanpa Gejala (OTG) yang masuk ke Bumi Batiwakkal hanya bermodalkan surat keterangan kesehatan dan Rapid Diagnostic Test (RDT) non-reaktif.

“Hingga saat ini, yang bersangkutan tidak ada riwayat perjalanan dari luar daerah. Berarti ada kemungkinan virus itu masuk ke Berau dibawa oleh OTG,” bebernya.

Tags :
Kategori :

Terkait