SDM Nelayan Ditingkatkan

Senin 06-07-2020,16:07 WIB
Reporter : admin3 diskal
Editor : admin3 diskal

DINAS Perikanan Berau akan memberikan bantuan empat unit kapal kepada nelayan sungai, agar bisa beralih ke laut.

Tanjung Redeb,Disway– Sektor perikanan di Kabupaten Berau sangat potensial, dan perlu terus optimalkan. Dinas Perikanan Berau berupaya untuk memaksimalkan sektor unggulan tersebut.

Meningkatkan SDM dari para nelayan jadi target Dinas Perikanan, agar bisa melakukan inovasi dan meningkatkan produksi perikanan.

Potensi perikanan di Berau cukup besar yang tersebar di empat Kecamatan Pesisir, yaitu kawasan Kecamatan Pulau Derawan, Kecamatan Batu Putih, Kecamatan Maratua dan Kecamatan Bidukbiduk. Sehingga perlu inovasi untuk memaksimalkan potensi yang besar ini.

Kepala Dinas Perikanan Berau, Tenteram Rahayu menyampaikan, dalam upaya tersebut, banyak program yang akan dijalankan pada tahun ini. Khususnya dalam hal pemberdayaan para nelayan agar kemampuannya meningkat. Salah satunya adalah pemberian bantuan kapal nelayan.

Dalam bantuan ini, ada empat kapal yang akan diberikan kepada empat kelompok nelayan. Masing-masing kelompok terdiri dari sepuluh nelayan. Dan kelompok ini telah terdaftar di Dinas Perikanan.

“Jadi kapal yang diberikan nanti itu lengkap, hingga alat tangkapnya juga dibantu,” jelasnya.

Nelayan yang dibantu ini khusus yang biasanya menangkap ikan di sungai. Sehingga dengan adanya kapal ini, mereka bisa beralih menangkap ikan sampai ke laut. Tentu targetnya agar hasil tangkap pun meningkat. “Minimal mereka bisa memulai untuk menangkap ikan di muara, sebelum akhirnya ke laut dalam. Namun sebagian besar dari mereka ada juga yang terbiasa melaut, jadi kita tinggal memberikan dampingan awal saja,” katanya.

Tags :
Kategori :

Terkait