Selama Pandemik Laut Beristirahat

Senin 06-07-2020,15:16 WIB
Reporter : admin3 diskal
Editor : admin3 diskal

WISATAWAN saat menyelam di Kepulauan Derawan. Selama pandemik, aktivitas di perairan Berau sepi, dan membuat laut serta ekosistem di dalamnya terdampak positif.

Tanjung Redeb, Disway - Pandemik COVID-19 berdampak negatif di masyarakat. Namun, wabah jenis baru ini, justru berdampak positif bagi alam, termasuk laut.

Sekretaris Dinas Kelautan Berau, Yunda Zuliarsih mengungkapkan, pandemik COVID-19 ternyata memberikan waktu bagi laut untuk istirahat sementara waktu. Sebab, ada pengurangan aktivitas manusia yang tegah melakukan isolasi diri, untuk memutus mata rantai penyebaran.

"Virus Corona hadir memang menakutkan, tetapi situasi ini membuat laut untuk istirahat,” tuturnya kepada Disway, beberapa waktu lalu.

Yunda menjelaskan, selama pandemik COVID-19 terkonfirmasi ada di Kabupaten Berau, seluruh lokasi wisata mendadak ditutup dan tidak ada lagi keramaian wisatawan.

Tentu, sangat berpengaruh positif kepada kondisi laut dan ekosistem di dalamnya.

Tidak adanya aktivitas wisatawan, membuat sampah berkurang. Namun, tingkat polusi suara atau kebisingan kapal-kapal laut angkutan wisatawan maupun kapal-kapal besar berkurang. "Tekanan dari aktivitas turis jadi sangat berkurang selama pandemik," ujarnya.

Tags :
Kategori :

Terkait