Pedagang di Tiga Pasar Loa Janan Dites Swab Massal

Rabu 17-06-2020,16:35 WIB
Reporter : Benny
Editor : Benny

Kukar, DiswayKaltim.com - Dinas Kesehatan (Diskes) Kutai Kartanegara bersama Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Samarinda menggelar tes swab secara bersama-sama di tiga lokasi berbeda. Yakni Pasar Subuh Desa Loa Janan Ulu, dan pasar di kilometer 1 dan 2 Kecamatan Loa Janan.

"Tes swab massal bekerja sama dengan satgas COVID-19 Samarinda dengan satgas COVID-19 Kukar," ujar Kepala Puskesmas Loa Janan Hariyo Santoso, Rabu (17/6).

Tes massal ini dilakukan sejak pukul 07.00 pagi. Sasarannya adalah para pedagang yang beraktivitas di ketiga pasar. Serta pembeli dan masyarakat sekitar lokasi kegiatan. Kegiatan yang berakhir hingga pukul 11.00 siang ini terpantau aman dan nyaman.

Hariyo menyebut, alat tes swab yang disiapkan mencapai 350 unit. Dengan rincian di Pasar Subuh sebanyak 150 unit. Sisanya untuk pedagang, pembeli dan masyarakat yang beraktivitas di pasar KM 1 dan pasar KM 2.

Hariyo berharap dengan adanya kegiatan tes swab massal ini, mampu mengurangi dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Kukar dan Samarinda. Terlebih ketiga pasar yang menjadi pusat konsentrasi tes massal ini cukup ramai pengunjung.

Dari 350 alat tes swab tenggorok yang disiapkan, ditargetkan segera rampung. Hariyo mengatakan tidak menutup kemungkinan akan menyusun jadwal ulang untuk tes swab lagi. "Target hari ini terlaksana semuanya, tetapi melihat kondisi bisa kita jadwalkan lagi," lanjut Hariyo.

Sementara itu Kepala Diskes Kukar Martina Yulianti menjelaskan kenapa menyasar tiga pasar di Loa Janan, lantaran mobilitas masyarakat yang tinggi. Karena berada di antara perbatasan Kukar dan Samarinda, Diskes Kukar sepakat menggandeng Diskes Samarinda dalam kegiatan ini.

Karena yang dilaksanakan adalah tes swab, maka masyarakat diminta bersabar menunggu hingga satu pekan ke depan. "Karena swab, jadi belum (bisa) update," pungkas Martina.

Selanjutnya, apabila dari tes massal ada masyarakat yang ditemukan positif. Baik Diskes Kukar maupun Diskes Samarinda akan segera mengambil langkah cepat dan antisipatif.

Jika ada masyarakat Kukar yang dinyatakan positif akan segera dilakukan proses karantina atau isolasi di Wisma Atlet Kukar. Begitupun apabila ada masyarakat Samarinda yang dipastikan positif, akan diisolasi di tempat yang disediakan Pemerintah Kota Samarinda. (mrf/eny)

Tags :
Kategori :

Terkait