Kasus Positif COVID-19 Kukar Bertambah 8 Kasus, 7 Pengidap dari Tabang

Senin 08-06-2020,23:10 WIB
Reporter : bayong
Editor : bayong

Kukar, DiswayKaltim.com - Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kutai Kartanegara Martina Yulianti mengumumkan terjadi penambahan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak delapan orang. Satu kasus terjadi di Kecamatan Loa Janan, serta tujuh lainnya di Kecamatan Tabang.

"Penambahan didominasi dari pelaku perjalanan yang akan kembali bertugas di salah satu perusahaan di Kecamatan Tabang," ujar Martina dalam press releasenya, Senin (8/602020) malam.

Ketujuh pasien yang berasal dari Kecamatan Tabang ini, diketahui positif setelah melakukan pemeriksaan PCR atau tes swab tenggorok pada Minggu (7/6/2020) kemarin. Sebelum memasuki site dimana ketujuh pasien ini akan bekerja.

Hal ini merupakan salah satu protokol kesehatan yang kini diwajibkan Pemerintah Daerah Kukar kepada tiap perusahaan yang beroperasi di Kukar.

"Sehingga sebelum masuk ke site, kita sudah memisahkan mana yang sakit mana yang tidak. Jadi kalau sakit tidak bisa masuk site tapi dikarantina," jelas Martina.

Seluruh pasien ini kini tengah dirawat. KK-52 yang berasal dari Loa Janan diisolasi di Wisma Atlet Kukar. Dan KK-53, KK-54, KK-55, KK-56, KK-57, KK-58, KK-59 dirawat di RS Pertamina Balikpapan.

Saat ini, Martina menyakinkan jika penanganan kasus COVID-19 masih on the track atau terkendali. Lantaran yang sakit langsung terdeteksi dan dilakukan penanganan secepat mungkin.

Martina meminta masyarakat Kukar untuk tidak khawatir rerkait tujuh kasus yang terjadi di Kecamatan Tabang. Karena yang bersangkutan tidak banyak berinteraksi dgn masyarakat, namun lebih banyak berada di dalam site kerjanya masing-masing. "Tentunya selalu terkontrol oleh pihak klinik perusahaan tersebut," ucapnya.

Sementara itu, Martina juga menyampaikan turut terjadi penambahan kasus sembuh di Kukar sebanyak dua orang. Yakni KK-9 (16) merupkan pelaku perjalanan dari Magetan dan KK-45 (34) dari pelaku perjalanan Gowa. " Saya ucapkan selamat kepada seluruh pasien atas kesembuhannya," pungkas Martina. (mrf/boy)

Tags :
Kategori :

Terkait