Wagub Kaltim Hadi Mulyadi Resmikan PCR Labkesda

Rabu 03-06-2020,11:45 WIB
Reporter : Benny
Editor : Benny

SAMARINDA, DiswayKaltim.com- Satu lagi laboratorium milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) bisa menguji swab Coronavirus Disease (COVID-19). Yakni UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) di Jalan Ahmad Dahlan, Samarinda.

Pengoperasian Laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) Labkesda ini, mulai Selasa (2/6) kemarin. Ditandai dengan peresmian yang dilakukan Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi.

Kini, Kaltim memiliki empat laboratorium yang bisa melakukan tes corona. Yakni di Rumah Sakit Pertamina Balikpapan (RSPB), RS Abdul Wahab Sjahranie (AWS) Samarinda, RS Kanjuoso Djatiwibowo (RSKD) Balikpapan dan UPTD Labkesda.

Hadi Mulyadi ketika dikonfirmasi Disway Kaltim berharap, laboratorium yang baru diresmikan ini bisa segera beroperasi. “Dengan demikian kita tidak perlu lagi mengirim sampel ke Jakarta atau Surabaya. Kita juga bisa menganalisis bagaimana pertumbuhan dan perkembangan COVID-19 di Kaltim,” kata Hadi usai meresmikan Laboratorium PCR di Labkesda di Jalan Ahmad Dahlan, Samarinda.

Lab PCR ini, untuk sementara hanya melayani pengujian di internal Kaltim. Belum bisa melakukan pelayanan untuk pengujian dari luar. Hadi berharap, dengan penambahan peralatan kesehatan ini, mampu mempercepat penanganan virus corona di Benua Etam.

Selama ini, pemeriksaan virus corona di Kaltim harus melalui Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya yang memerlukan waktu lama dan biaya cukup besar. Selain itu, PCR yang ada di Labkesda ini, juga bisa digunakan untuk pengujian penyakit lain, seperti TB dan malaria.

"Ini sebuah kemajuan di laboratorium kesehatan kita. Di mana, PCR ini melengkapi laboratorium biomolekuler untuk pemeriksaan virus corona. Semoga ini mempercepat pekerjaan-pekerjaan kita. Selain waktu dan biaya, juga bisa digunakan deteksi penyakit lain serta dimanfaatkan jangka waktu lama," pungkasnya.

Tags :
Kategori :

Terkait