Kagama Berau Berbagi, Migunani Tumraping Liyan

Minggu 17-05-2020,14:36 WIB
Reporter : admin3 diskal
Editor : admin3 diskal

Bentuk kepedulian Kagama Berau kepada warga kurang mampu terdampak COVID-19.

Tanjung Redeb, DiswayKaltim.com - Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) cabang Berau, menggelar bakti sosial berbagi paket sembako untuk masyarakat kurang mampu atau terdampak COVID-19. Lokasinya di Kelurahan Gunung Panjang, Tanjung Redeb, Berau.

Ketua Kagama Berau, Bintoro Catur Prastowo mengungkapkan, dukungan sembako tersebut guna meringankan beban yang dihadapi sebagian masyarakat, terutama yang bergantung pada penghasilan harian dan terdampak COVID-19.

Sementara itu, Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat Kagama Berau, Arif Hadianto mengaku kegiatan ini adalah salah satu bentuk bakti darma alumni UGM, untuk memberi manfaat positif di manapun berada.

“Migunani tumpraping liyan, atau memberi manfaat terhadap orang lain, di manapun berada kita harus berkarya. Memberi manfaat bagi orang lain dan berbakti untuk negeri,” tutur Arif.

Lurah Gunung Panjang, Toto Marjito menyambut baik dukungan dari Kagama Berau, untuk masyarakatnya. Apa yang dilakukan Kagama, menurutnya merupakan bentuk perhatian dan silaturahmi.

“Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian dan bantuan yang diberikan oleh kawan-kawan Kagama terhadap warga kurang mampu di Kelurahan Gunung Panjang,” terang Toto.

Untuk diketahui, Kagama merupakan singkatan dari Keluarga Alumni Gadjah Mada. Gagasan membentuk organisasi persatuan para alumnus UGM timbul tahun 1956. Pada tahun ini, mulai terselenggara berbagai pertemuan yang dilakukan alumni dari berbagai fakultas.

Dalam peringatan Dies Natalis UGM tahun 1958 Ir. Suwarno (alm.) didesak Panitia Dies Natalis Dewan Mahasiswa UGM untuk mengambil inisiatif pertama menyelenggarakan musyawarah para alumnus UGM pertama dari berbagai kota tanggal 18 Desember 1958 di Yogyakarta. Dari musyawarah ini lahirlah organisasi “Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada” disingkat Kagama.(*)

Tags :
Kategori :

Terkait