Stok Kurang, Wabup Ajak Donor Darah

Kamis 09-04-2020,17:27 WIB
Reporter : admin3 diskal
Editor : admin3 diskal

WAKIL Bupati Berau Agus Tantomo, donor darah rutin di PMI Kabupaten Berau, seperti yang dilakukan Selasa (7/4).

TANJUNG REDEB, DISWAY – Selama pandemik COVID-19, berpengaruh pada stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Berau. Penyebabnya, karena jumlah pendonor, karena khawatir virus tersebut.

Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo, yang juga Ketua PMI Berau, mengimbau dan mengajak masyarakat Bumi Batiwakkal untuk tetap rutin melakukan donor darah. Pasalnya, masih banyak masyarakat yang sedang mejalani perawatan juga membutuhkan transfusi darah.
“Sebelum merebaknya virus corona, sehari itu stok darah sekira 100 darah beku, sekarang dalam sepekan hanya di bawah 40 saja,” ungkapnya.

Untuk itu, Agus Tantomo mengimbau, dan mengajak masyarakat untuk tetap donor darah. Aksi donor darah, ditegaskannya, tidak ada hubungannya dengan virus corona.

Melakukan donor darah malah menyehatkan. Bahkan dengan mendonorkan darah akan semakin meningkatkan daya tahan tubuh. “Jadi tidak ada hubungannya dengan virus corona, saya mengajak masyarakat untuk tetap mendonorkan darah,” ucapnya.

Wabup Agus Tantomo juga menyampaikan terima kasih kepada mereka yang selama ini tetap melakukan aksi sosial donor darah membantu Palang Merah Indonesia menyediakan stok darah, dan khususnya membantu masyarakat yang membutuhkan. Seperti yang dilakukan jajaran Kodim 0902/Tanjung Redeb, Senin (6/4).

Kegiatan yang dipimpin langsung Dandim Letkol Kav Ilham Faisal Siregar mengajak sebanyak 50 personel untuk donor darah. Selain itu, beberapa komunitas juga datang untuk mendonorkan darah. “Saya menyampaikan terima kasih atas kegiatan aksi sosial donor darah yang dilakukan dan saya mengajak masyarakat lain untuk aktif melakukan donor darah,” tandasnya. (HUMAS/APP)

Tags :
Kategori :

Terkait