Rapid Test: 1 Warga Berau Positif COVID-19

Rabu 01-04-2020,17:47 WIB
Reporter : admin3 diskal
Editor : admin3 diskal

Bupati Berau Muharram membenarkan adanya warga Sambaliung yang positif COVID-19, berdasarkan rapid test.

Tanjung Redeb, Diswaykaltim.com – Pertahanan Kabupaten Berau, terhadap Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) akhirnya tembus juga, Rabu (4/1). Warga Kecamatan Sambaliung, klaster Ijtima se Asia di Gowa, Sulawesi Selatan, positif COVID-19. Berdasarkan hasil rapid test Dinas Kesehatan (Dinkes).

Pada pukul 10.49 Wita, Disway mendapatkan informasi dari warga adanya ambulans di Sambaliung, dengan beberapa petugas medis menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) diduga menjemput warga tersebut. Bahkan, ambulans bergerak cepat menuju Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Abdul Rivai.

Bupati Berau Muharram, saat dikonfirmasi pukul 16.17 Wita pada Rabu (4/1), membenarkan adanya warga Sambaliung dari klaster Ijtima di Gowa, yang positif COVID-19. Namun, itu hanya berdasarkan rapid test. Dan ada 9 orang yang dites dengan alat itu

“Tetap harus dipastikan dulu dengan uji laboratorium, karena infonya rapid test itu keakuratannya tidak 100 persen,” ujarnya.

Yang bersangkutan, kini mendapatkan penanganan intensif dan diisolasi di RSUD dr Abdul Rivai. “Dia batuk-batuk gejalanya,” imbuh Muharram.

Pihaknya, bergerak cepat untuk mengantisipasi penyebaran. Semua yang dari Gowa, Sulawesi Selatan akan dilakukan tes, termasuk harus dikarantina terlebih dahulu.

Diimbau Bupati, masyarakat menjaga jarak, penerapan social distancing benar-benar dilakukan. Termasuk menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).
“Semua kebijakan pemerintah dipatuhi, itu serta merta untuk kebaikan bersama,” pungkasnya.(*/fst/app)


Tags :
Kategori :

Terkait