Pjs Bupati Kukuhkan Pengurus FPK Berau Periode 2024-2029

Rabu 23-10-2024,20:32 WIB
Reporter : Sahruddin
Editor : Baharunsyah

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Penjabat sementara (Pjs) Bupati Berau, Sufian Agus mengukuhkan ketua dan jajaran pengurus Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Berau periode 2024-2029, di Gedung Balai Mufakat, pada Rabu (23/10/2024).

Pjs Bupati Berau, Sufian Agus memberikan apresiasi kepada segenap jajaran FPK yang baru dikukuhkan.

Ia mengatakan FPK merupakan forum yang sangat penting, yang dapat menjembatani perbedaan, membangun konsensus bersama, mencegah penyebaran hoaks dan ujaran kebencian, meningkatkan partisipasi masyarakat dan membangun jaringan sosial yang kuat.

Ia berpesan kepada jajaran pengurus FPK Berau untuk dapat memberikan kinerja terbaik dan melaksanakan amanat dengan sebaik-baiknya.

BACA JUGA:Rp28 Miliar untuk Dana RT, Pemkab Berau Kejar Target Pemerataan Pembangunan

BACA JUGA:Pemkab Berau Fokus Benahi Insfrastruktur Pariwisata

Khususnya dalam rangka meningkatkan kondusifitas daerah, terutama menjelang dan setelah Pilkada 2024 mendatang.

Selain itu, FPK Berau juga diharapkan menjadi tempat dialog dan musyawarah yang inklusif, mencegah terjadinya perpecahan dan polarisasi, serta meningkatkan keaktifan masyarakat termasuk pada aspek pengawasan pilkada, guna mewujudkan stabilitas sosial politik dan demokrasi yang sehat.

"Semoga saudara sekalian dapat menjadi figur teladan bagi masyarakat, yang senantiasa menyebarkan pesan-pesan damai dan toleransi," ujarnya.

"Yang tidak kalah penting, FPK harus mampu menjaga integritas dan netralitas sebagai penyelenggara. Jangan sampai, saudara menyalahgunakan amanah sebagai FPK untuk kepentingan sendiri dan merugikan masyarakat. Hadirlah sebagai contoh dan memberikan edukasi Pemilihan Umum (Pemilu) kepada masyarakat," sambungnya.

BACA JUGA:Kolaborasi PMI Berau dan ERG PT Berau Coal, Tingkatkan Kemampuan Relawan

BACA JUGA:Sektor Pariwisata Diharapkan Menjadi Penopang Utama Perputaran Ekonomi di Berau

Untuk itu, dirinya mengajak jajaran pengurus FPK bersama seluruh perangkat terkait lainnya, untuk bersama-sama menciptakan suasana aman dan damai, serta menjadikan pilkada sebagai pesta demokrasi yang melahirkan pemimpin untuk kemajuan Bumi Batiwakkal.

"Pengukuhan ini juga merupakan ajang untuk menyamakan langkah bagi segenap perangkat terkait, agar bersama-sama bersinergi mewujudkan pilkada yang demokratis, damai, jujur, dan adil, dengan tetap mengutamakan keselamatan masyarakat pada seluruh rangkaian maupun tahapan pilkada yang nantinya kita dijalani," bebernya.

Dengan demikian, ia mengimbau kepada pengurus FPK untuk segera bergerak menyusun langkah dan strategi serta mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Pengurus FPK juga diminta melakukan koordinasi dan menjalin sinergitas dengan perangkat terkait.

"Kepada jajaran Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Berau, segera lakukan pendampingan dan pembinaan kepada FPK, agar dapat berjalan sebagaimana mestinya," pungkasnya.

Kategori :