BCF dan Pawai Budaya Meriahkan Semarak Hari Jadi Berau dan Tanjung Redeb

Senin 09-09-2024,20:51 WIB
Reporter : Rizal
Editor : Baharunsyah

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Ribuan warga memadati Jalan APT Pranoto hingga GOR Pemuda, Tanjung Redeb, untuk menyaksikan parade Berau Culture Festival (BCF) dan Pawai Budaya, Senin 9 September 2024.

Acara ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi ke-71 Kabupaten Berau dan HUT ke- 214 Kota Tanjung Redeb.

Pawai ini diikuti 74 peserta dari berbagai kalangan. Mulai dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), perwakilan kecamatan, sekolah, hingga paguyuban dan organisasi masyarakat.

Masing-masing peserta menampilkan keragaman budaya melalui pakaian adat, tarian, mobil hias, miniatur rumah adat, dan berbagai atraksi lainnya.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Berau, saya memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada jajaran panitia pelaksana dan seluruh pihak yang turut berpartisipasi dalam menyukseskan ajang pawai budaya ini, khususnya warga masyarakat Kabupaten Berau," ucap Bupati Berau Sri Juniarsih Mas, saat memberikan sambutannya pada acara Berau Culture dan Pawai Budaya, pada Senin (9/9/2024).

Bupati menjelaskan, kegiatan Pawai Budaya ini merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Berau dan Kota Tanjung Redeb, yang sudah semestinya di rayakan dengan gembira.

Tentunya dibarengi dengan semangat untuk melanjutkan keberhasilan pembangunan Kabupaten Berau, memberikan kontribusi terbaik untuk Batiwakkal tercinta.

"Kegiatan ini juga dapat menjadi ajang silaturahmi bagi kita semua, terutama dalam menciptakan semangat kebersamaan dan kerukunan antar suku yang ada," jelasnya.

Kabupaten Berau adalah daerah dengan keberagaman. Mulai dari tiga suku asli, yaitu Banua, Bajau, dan Dayak, hingga suku pendatang yang kemudian menetap di Kabupaten Berau.

"Insyaallah, hingga masa yang akan datang, masyarakat Berau akan senantiasa hidup rukun dalam toleransi dan keberagaman, yang pada akhirnya menunjang percepatan pembangunan Kabupaten Berau," harapnya.

Untuk itu, melalui kesempatan ini, bupati mengajak kepada seluruh warga masyarakat untuk menumbuhkan rasa cinta kepada Kabupaten Berau.

"Berau adalah tanah yang kaya sumber daya alam dan budaya yang luar biasa. Berau adalah berlian yang sangat berharga. Terlebih lagi, Kabupaten Berau merupakan salah satu mitra IKN yang sangat diandalkan sektor budaya dan kepariwisataannya, yang mana tentu, sektor ini diharapkan memberikan kesejahteraan untuk kita semua," tuturnya.

Selain itu, bupati juga mengajak kepada seluruh warga masyarakat Berau, untuk memeriahkan seluruh rangkaian peringatan Hari Jadi ke-71 Kabupaten Berau dan HUT ke-214 Kota Tanjung Redeb selama bulan September ini.

"Insyaallah, hari jadi akan memberikan kegembiraan dan keberkahan untuk seluruh masyarakat Kabupaten Berau," tandasnya.

Kategori :