Andi Harun Deklarasikan Saefuddin Zuhri Jadi Pasangannya Maju Pilkada Samarinda

Selasa 27-08-2024,20:42 WIB
Reporter : Salsabila
Editor : Baharunsyah

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Mantan Ketua DPD Gerindra Kaltim, Andi Harun mendeklarasikan pencalonannya sebagai wali kota Samarinda dengan dukungan partai politik lain.

Hal ini diketahui saat sang petahana mengenalkan Saefuddin Zuhri sebagai pendampingnya di Pilkada Samarinda, Selasa (27/8/2024) sore.

Andi Harun yang kursinya digantikan dengan keponakan Prabowo Subianto, Budisatrio Djiwandono, disokong partai NasDem, PDIP, Demokrat, PPP, dan PKB. Kendati demikian, ia menyakini partai politik lainnya seperti Gerindra, PSI, dan Golkar juga akan bergabung.

“Dari awal saya sampaikan partai Gerindra tidak kemana-mana saya ini kader partai Gerindra. Kemudian 5 bulan terakhir intensitas dalam proses interaksi politik dengan DPP berjalan. Sore ini mudah-mudahan atau besok paling lambat partai Golkar dan partai non seat adalah PSI,” ungkap Andi Harun.

BACA JUGA:KPU Samarinda Mantapkan Persiapan Selama Masa Pendaftaran

BACA JUGA:Nasib Apes Pengusaha Pariwisata, Kunjungan Wisatawan di Samarinda Menurun Dua Tahun Terakhir

“Itu juga yang perlu saya clear kan kalau teman-teman mencermati jejak digital, secara konsisten saya selalu katakan bahwa pilihan jalur utama kami untuk maju adalah jalur partai politik,” kata Andi Harun ketika disinggung pendaftaran jalur independen yang sudah ia lakukan sebelumnya.

Menurut AH, ia meninggalkan pencalonan melalui jalur independen karena negara telah menyediakan dua jalur.

“Orang negara menyediakan dua jalur masa kita pilih yang satu jalur. Lalu bagaimana posisi Pak Syaparuddin. Dari awal kita sudah komitmen posisinya memang independen itu adalah alternatif.”

Syaparuddin yang awalnya sebagai bacalon dari independen, akhirnya menjadi tim inti Tim Pemenangan Andi Harun-Saefuddin Zuhri. AH menyebut digantinya Syafar bukan karena pilihannya sendiri. Namun proses panjang yang harus dilalui hingga ke tingkat DPP partai.

BACA JUGA:KPU Kaltim Gelar Simulasi Pendaftaran Calon Gubernur dan Wakil Gubernur

Sementara itu Sekretaris DPD PDIP Kaltim Ananda Emira Moeis menjelaskan alasan utama mendukung AH. Ya, partai berlambang banteng ini secara resmi menyerahkan surat dukungan rekomendasi kepada pasangan Andi Harun-Saefuddin Zuhri.

Penyerahan dukungan dilakukan di Kantor DPD PDIP Kaltim, Selasa 27 Agustus 2024. Sekretaris DPD PDIP Kaltim, Ananda Emira Moeis yang menyerahkan langsung SK Model B.Persetujuan.Parpol.KWK dari PDIP, kepada Andi Harun dan Saefuddin Zuhri.

BACA JUGA:Gerakan PDIP-Demokrat Lebih Senyap, Isran Sebut Sebagai Pahlawan Pilkada

BACA JUGA:PDIP-Demokrat Percaya Diri Dukung Isran, Nanda: Pak Isran, Tenang Kami di Sini

Kategori :