Bigmatch Serie A Juventus Versus AS Roma, Misi Raih Poin Manis Akhir Tahun

Sabtu 30-12-2023,20:06 WIB
Reporter : Baharunsyah
Editor : Baharunsyah

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM – Laga big match serie A akan memertemukan dua raksasa Italia, Juventus melawan AS Roma, Minggu (31/12/2023) dini hari nanti di Allianz Stadium.

Skuad Nyonya Tua saat ini berada di atas kertas karena menempati posisi runner up, menguntit Inter Milan di posisi puncak.  Dalam laga ini, pelatih Juventus Massimiliano Allegri tidak ingin berbesar hati melawan serigala Ibu Kota yang performanya musim ini sedang kembang kempis. 

“Kami berada dalam momen yang bagus, namun sepak bola berkembang dengan keseimbangan, jadi kami harus tetap membumi,” kata Allegri dikutip situs resmi klub.
“Saat ini kami bahkan belum memasuki separuh musim, setelah bulan ini berakhir kita akan lihat di mana posisi kami di klasemen,” tambahnya.

Allegri juga menyebut drama pertemuan pertamanya dengan Mourinho, yakni ketika dirinya masih menjadi pelatih Cagliari.  

“Pertama kali saya menghadapi Mourinho, saya berada di Cagliari dan dia sudah memenangkan banyak hal pada saat itu.”

"José adalah pelatih pemenang. Anda mungkin menyukainya atau tidak, tetapi hasilnya penting, bagi saya dibandingkan dengannya atau Ancelotti adalah suatu kehormatan besar.”

Menghadapi AS Roma nanti, Juventus diprediksi akan menggunakan formasi 3-5-2, dimana lini depan Chiesa dan Vlahovic bakal diduetkan untuk mengobrak-abrik pertahanan Roma. Di lini belakang trio Gattu, Bremer dan Danilo masih menjadi andalan Alegri.

Hal berbeda justru dialami tim lawan, AS Roma. Pelatih AS Roma Jose Mourinho nampak kerepotan dengan komposisi skukadnya saat ini yang compang camping. Ditinggal banyak pemain belakang karena badai cedera, membuat pelatih berjuluk Special One itu harus menguras otaknya.

"Kami sudah mengetahui selama enam bulanbahwa Ndicka akan berangkat ke Piala Afrika. Kami sudah mengetahui selama enam bulan bahwa [Marash] Kumbulla tidak akan tersedia pada bulan Januari," ucap Mou dikutip Romapress.

"Kami telah mengetahui selama enam bulan bahwa situasi ini akan terjadi pada bulan Januari dan awal Februari hingga berakhirnya Piala Afrika. Sekarang kita tahu bahwa Mancini dan Cristante tinggal satu pertandingan lagi dari skorsing. Anda bisa membayangkan skenario hanya memiliki satu bek tengah untuk pertandingan tertentu.”

Di lini depan pun, Mou berharap penuh pada performa Romelo Lukaku yang sejuah ini sudah mengoleksi 13 gol di semua laga. Paulo Dybala yang menjadi pemain kunci pun ragu diturunkan karena masih dibekap cedera. Mau tidak mau, Mou berpotensi menduetkan Lukaku dengan Belloti atau Azmoun di lini depan.

"Saya tidak tahu apakah Dybala akan menjadi starter saat melawan Juventus. Saya belum memutuskan dan itu adalah sesuatu yang akan saya putuskan ketika saya memiliki kesempatan untuk berbicara dengannya," sebut Mou.

Meski saat ini menghadapi cobaan yang maha dahsyat sebagai pelatih, Mou mengaku tetap optimistis  dengan laga-laga selanjutnya.

“Setelah Juventus, kami akan mulai memikirkan pertandingan melawan Cremonese. Tugas saya adalah mempersiapkan tim sebaik mungkin dengan sumber daya yang saya miliki.”

Prediksi line up

Juventus
Pelatih: Massimiliano Alegri
Formasi: 3-5-2
Starting line up: W Szczesny, F Garri, Bremer, Danilo, W McKennie, F Miretti, Locatelli, A Rabiot, F Kostic, F Chiesa, D Vlahovic

AS Roma
Formasi: 3-5-2
Starting line up: Rui Patricio, Mancini, Llorente, Ndicka, Kristensen, Cristante, Paredes, Bove, Lukaku, Belotti  

Kategori :