Pulau Derawan akan Miliki Bandara di Atas Air

Selasa 05-12-2023,13:30 WIB
Reporter : Sahruddin
Editor : Tri Romadhani

Tanjung Redeb, NOMORSATUKALTIM - Berau merupakan salah satu daerah yang diwacanakan akan dibangun bandara perairan atau waterbase, untuk pesawat amfibi atau seaplane. Rencananya, akan dibangun di Derawan.

Kepala Kantor Badan Layanan Umum Unit Penyelenggara Bandar Udara Kelas I Kalimarau, Ferdinan Nurdin mengatakan, program waterbase tersebut, merupakan program yang dicanangkan oleh Kementerian Perhubungan.

"Ini merupakan program pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Perhubungan," ujar Ferdinan, Senin (4/12/2023).

"Lokasinya nanti antara di Pulau Derawan dan Pulau Maratua. Menurut saya, lebih bagusnya di Derawan. Soalnya di Maratua sudah ada landasan pacu (bandara)-nya," tambahnya.

Dikatakan, program waterbase ini tidak sepenuhnya diterapkan di daerah wisata Berau. Hal tersebut bertujuan, agar moda transportasi seperti speedboat dan yang lainnya tetap beroperasi. Sehingga, perekonomian masyarakat dapat terus tumbuh.

Dirinya berharap pemerintah daerah sebagai pemangku kebijakan dapat terlibat dan mendukung program waterbase.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Berau, Muhammad Said mengatakan, Pemerintah Kabupaten Berau siap mendukung program tersebut. Sebab, dengan adanya sarana transportasi yang baik dan cepat, akan memberikan kemudahan dan nilai tambah bagi sektor pariwisata Berau.

Kategori :