Inovasi Srikandi dan Gebsata Mempercepat Berau Menuju Smart City

Selasa 07-11-2023,11:04 WIB
Reporter : Rizal Mahodtra
Editor : Tri Romadhani

NOMORSATUKALTIM - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Berau meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) dan Gerakan Berau Sadar Tertib Arsip (Gebsata).

Peluncuran aplikasi tersebut diinisiasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Berau, di Balai Mufakat, Senin (6/11/2023).

Srikandi juga merupakan program nasional yang wajib dilaksanakan pemerintah daerah, sebagaimana diamanatkan melalui Instruksi Presiden RI Nomor 95 Tahun 2018, dan Keputusan Menpan-RB Nomor 679 Tahun 2020.

"Tentunya, aplikasi ini akan mempermudah sekaligus mempercepat akses dokumen yang dibutuhkan, sehingga pelayanan bisa lebih optimal, tidak terbatas ruang dan waktu. Selain itu, kita pun akan mengurangi jumlah pemakaian kertas, sehingga lebih efisien dari sisi waktu maupun biaya," kata Sekda Berau, M Said.

Said juga mengharapkan jajaran Dispusip Berau untuk senantiasa memberikan pendampingan kepada sumber daya manusia pengelola, agar aplikasi bisa benar-benar diterapkan secara menyeluruh di Kabupaten Berau.

"Penggunaan teknologi saat ini tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan kita, termasuk di sektor pemerintahan. Hal ini juga menjadi salah satu program prioritas Pemkab Berau, yaitu meningkatkan tata pemerintahan yang bersih, berwibawa, transparan, dan akuntabel melalui SDM yang profesional berbasis digital teknologi," tuturnya.

Karena itu, dengan adanya aplikasi Srikandi, diharapkan juga dapat mempercepat langkah Berau menuju smart city, yang tentunya juga berdampak pada kualitas layanan dan kepuasan masyarakat.

Sedangkan Gebsata, diharapkannya agar seluruh perangkat daerah memiliki kesamaan pandangan mengenai pentingnya arsip dalam melaksanakan seluruh agenda pembangunan, yang kemudian mendorong terwujudnya tata kelola kearsipan yang baik sebagai salah satu barometer keberhasilan kinerja pemerintah daerah.

Ia menjelaskan, arsip memiliki peran penting dalam perjalanan roda pemerintahan. Arsip dapat berfungsi sebagai sumber informasi, sekaligus landasan kebijakan.

Oleh karena itu, arsip yang tertib dan tersusun dengan rapi, ujar Said, akan memudahkan pemangku kepentingan dalam melihat dan meninjau kembali dokumen yang dapat menjadi pertimbangan kebijakan ke depan.

Arsip, lanjutnya, merupakan dokumen penting yang harus dijaga. Karena suatu saat akan dipergunakan kembali, bahkan sebagai bukti pertanggungjawaban terhadap generasi mendatang.

"Untuk itu, saya mengajak kepada kita semuanya, mari kita dukung dan sukseskan implementasi program Srikandi dan Gebsata di satuan kerja masing-masing," ujarnya.

Kategori :