Pemkab Kukar Pasang 2.450 LPJU di 16 Kecamatan, Progresnya Sudah 85 Persen

Sabtu 14-10-2023,15:20 WIB
Editor : Devi Alamsyah


--

Kukar, nomorsatukaltim- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara melalui Dinas Perhubungan, tahun 2023 ini memasang 2.450 lampu penerangan jalan umum atau LPJU di 16 kecamatan. 

Pemasangan LPJU ini sebagai upaya memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat Kukar dan para pengguna jalan. 

Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin, mengungkapkan data maupun laporan yang ia terima bahwa progres pemasangan LPJU hingga saat ini, sudah berjalan 85 persen.

Alokasi anggarannya mencapai Rp 5,9 miliar. Yang sudah berjalan pemasangan LPJU telah dilakukan di tujuh titik, meliputi daerah hulu, tengah dan pesisir.

"Progresnya positif ya, sekarang tinggal tiga lokasi lagi, dan diperkirakan pekan ini selesai," ucap Rendi, baru-baru ini.

Dalam pemasangan LPJU, Dishub juga berkoordinasi dengan PLN untuk pengadaan daya listrik, travo dan surat kelayakan operasi. Pemasangan ini sendiri berlangsung satu sampai dua hari.

Sebagaimana diketahui, pengadaan LPJU merupakan salah satu bentuk pelayanan Pemkab Kukar ke masyarakat.

Tak hanya untuk menerangi jalan saja, namun juga berkaitan dengan keselamatan pengendara, serta meminimalisasi tindak kejahatan.

"Ini adalah bagian dari skema program Terang Kampungku. Untuk DPMD, mereka menangani penerangan di Desa. Disperkim menangani penerangan permukiman, dan untuk Dishub menangani penerangan jalan poros," ungkap Rendi. (*/adv/kominfokukar_23)

 

Kategori :