DiskopUKM Kukar Akan Buka Klinik UMKM di Tiga Kecamatan

Senin 02-10-2023,21:02 WIB


banner -kominfo kukar-

Kukar, nomorsatukaltim – Untuk membantu meningkatkan pengembangan usaha kecil menengah,  Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DiskopUKM) Kutai Kartanegara berinisiatif memberikan kemudhan akses dan layanan.

Mereka memperkenalkan Klinik UMKM di tiga kecamatan.

Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro DiskopUKM Kukar, Dianto Raharjo mengungkapkan bahwa tahun ini, instansinya akan meresmikan Klinik UMKM di tiga kecamatan di Kukar: yaitu Anggana, Kota Bangun, dan Muara Badak.

Tujuan dari pendirian Klinik UMKM, kata dia, untuk memberikan kemudahan kepada para pelaku usaha dalam menerima layanan serta bimbingan dalam pengembangan usaha mereka. Semua ini disediakan secara cuma-cuma.

"Klinik ini didesain untuk memenuhi kebutuhan koperasi dan UMKM, terutama dalam mengatasi berbagai kendala yang dihadapi oleh masyarakat dan pelaku usaha," kata Dianto kepada media ini, Senin (2/10/2023).

Keputusan untuk mendirikan Klinik UMKM di tiga kecamatan ini, katanya, diambil dengan pertimbangan bahwa ketiga kecamatan tersebut telah memiliki UMKM Center. 

Sehingga, memungkinkan Klinik UMKM memberikan layanan yang lebih dekat kepada para pelaku usaha di wilayah tersebut. 

Dengan keberadaan Klinik UMKM ini, para pelaku usaha tidak perlu lagi bepergian jauh ke kantor DiskopUKM Kukar hanya untuk mengurus Nomor Induk Berusaha (NIB) atau menghadiri pelatihan dari Dinas.

Menurut Dianto, dengan hadirnya Klinik UMKM para pelaku usaha itu dapat dengan mudah mengurus berbagai administrasi usaha dan berkonsultasi mengenai berbagai kebutuhan administrasi. 

Semua ini diharapkan akan membuka akses yang lebih luas bagi para pelaku usaha terhadap informasi dan layanan yang mereka butuhkan.

"Jadi, mereka cukup datang dan berkonsultasi di klinik ini," imbuhnya. (*/adv/kominfokukar_23) 

 

Kategori :