Bayar Iuran Semakin Mudah, Bisa Lewat Agen BRILink

Sabtu 12-03-2022,05:59 WIB
Reporter : admin3 diskal
Editor : admin3 diskal

JAKARTA, DISWAY – BPJS Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK terus berinovasi untuk menghadirkan layanan yang lebih dekat dengan para pekerja. Kali ini, agen BRILink yang dioptimalkan sebagai salah satu kanal pembayaran iuran BPJAMSOSTEK.

Bukan tanpa alasan. Kerja sama ini dilakukan, karena Bank BRI memiliki 525.000 agen BRILink yang tersebar hingga ke pelosok kelurahan dan desa di seluruh Indonesia. Sinergi ini resmi diluncurkan oleh Direktur Kepesertaan BPJAMSOSTEK, Zainudin bersama Institutional and Wholesale Business Director Bank BRI, Agus Noorsanto dalam kegiatan seremoni yang digelar secara hybrid, Selasa (8/3) lalu. "Fitur pembayaran iuran melalui agen BRILink ini, kian melengkapi beragam kanal yang telah dimiliki oleh BPJAMSOSTEK. Jadi, peserta dapat dengan leluasa memilih kanal mana yang lebih mudah mereka gunakan. Tentu, kerja sama ini akan terus berlanjut, karena Bank BRI juga memiliki concern yang sama, yaitu sektor UMKM dan pekerja informal," terang Zainudin. Pembayaran iuran melalui agen BRILink sangat mudah. Untuk peserta bukan penerima upah (BPU), cukup datang ke warung atau outlet agen BRILink terdekat, dengan menunjukkan KTP atau kartu peserta, dan membayar sesuai dengan nominal iuran yang tertera. Selain itu, agen BRILink juga melayani pembayaran iuran untuk pekerja penerima upah (PU). Caranya pun hampir sama, peserta atau pengurus perusahaan cukup membawa kode iuran yang telah didapatkan dan membayar sesuai tagihan. Dalam kesempatan yang sama, Agus Noorsanto menyatakan kesiapannya untuk mendukung BPJAMSOSTEK dalam menjangkau seluruh pekerja hingga daerah pelosok. “Kerja sama ini diharapkan bisa mempermudah pekerja. Nggak usah datang ke kantor-kantor bank, cukup datang ke agen-agen kita yang letaknya rata-rata di permukiman, dekat masyarakat sehingga mudah dijangkau. Saya kira itu akan sangat membantu bagi perluasan pemberian jaminan kepada para pekerja, baik penerima upah maupun bukan penerima upah,” kata Agus. Kembali Zainudin juga menyatakan optimismenya bahwa kerja sama ini secara tidak langsung akan mendorong peningkatan jumlah kepesertaan BPJAMSOSTEK, khususnya pekerja BPU. Hal tersebut, tentunya juga didukung oleh aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) yang memungkinkan pekerja BPU untuk mendaftar menjadi peserta BPJAMSOSTEK menggunakan smartphone. Dengan kemudahan-kemudahan itu, Zainudin mengajak seluruh pekerja untuk segera mendaftar menjadi peserta BPJAMSOSTEK, untuk memperoleh beragam manfaat program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK). Di antaranya, perawatan dan pengobatan tanpa batasan biaya sesuai kebutuhan medis, santunan pengganti upah selama tidak bekerja, santunan kematian sebesar 48x upah, hingga manfaat beasiswa bagi 2 orang anak. Selain itu, peserta yang ikut dalam program Jaminan Hari Tua (JHT), juga bisa mendapatkan manfaat layanan tambahan (MLT) berupa bunga ringan untuk kredit pemilikan rumah (KPR), pinjaman renovasi perumahan (PRP), dan pinjaman uang muka perumahan (PUMP). "Dengan hadirnya layanan BPJAMSOSTEK dekat dengan pekerja, diharapkan semakin banyak pekerja yang terlindungi jaminan sosial ketenagakerjaan dari BPJAMSOSTEK, sehingga mereka dapat bekerja dengan tenang dan memiliki hari tua yang sejahtera," kata Zainudin. Sementara itu, Kepala BPJAMSOSTEK Berau, Sonny Alonsye menindaklanjuti kerja sama yang sudah dilakukan BPJAMSOSTEK Pusat, dengan melakukan kunjungan dan koordinasi dengan Pimpinan Bank BRI Cabang Berau. “Kami sudah silaturahmi dan koordinasi dengan Pimpinan Bank BRI Cabang Berau. Hasil pertemuannya yaitu akan dijadwalkan untuk sosialisasi dan edukasi program dan manfaat BPJAMSOSTEK kepada agen-agen BRILink, yang bertujuan supaya mereka paham manfaat BPJAMSOSTEK dan selanjutnya mendaftar sebagai peserta aktif BPJAMSOSTEK,” ujar Sonny. “Kami berharap bentuk kerjasama dengan agen-agen BRILink, selain untuk kanal pembayaran iuran, juga sebagai kanal pendaftaran pekerja sektor bukan penerima upah (BPU),” tambahnya. *
Tags :
Kategori :

Terkait