Kadin Kukar Silaturahmi dengan DPRD 

Senin 28-10-2019,19:58 WIB
Reporter : Benny
Editor : Benny

Syaiful Anwar (ketiga kiri) bersama anggota Kadin lainnya usai berbincang-bincang ringan dengan Abdul Rasid (keempat kiri) dan Miftahul Jannah (ketiga kanan) membahas peran pemuda kukar sambut IKN.

Sinergikan Program, Dorong Pengusaha Lokal Berperan di IKN

Kukar, DiswayKaltim.com - Pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kukar terus menunjukkan eksistensinya.

Menggelar silaturahmi dan bincang-bincang santai. Bersama dua anggota DPRD Kukar. Yakni, Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid dan Miftahul Jannah.

Ajang silaturahmi itu berlangsung di Terrace Cafe, Sabtu (26/10/2019) malam lalu. Juga dihadiri para pengusaha lokal naungan Kadin Kukar.

Suasana yang dibungkus dengan santai tersebut untuk mengapresiasi keberhasilan pengurus Kadin Kukar. Terutama bagi anggotanya yang duduk di kursi DPRD Kukar

"Silaturahmi bersama kedua instansi, antara wakil rakyat dengan Kadin Kukar bisa memberikan manfaat. Terutama mengakrabkan hubungan DPRD Kukar dengan Kadin Kukar. Agar lebih sinergi di bidang prgram kerja," jelas Ketua DPD Kadin Kukar, Syaiful Anwar.

Ditambahkan Syaiful, bahwa Kadin Kukar membawahi seluruh organisasi profesi dan pengusaha lokal. Jadi Kadin Kukar berkewajiban untuk membantu pemerintah Kukar. Terutama dalam bidang pembangunan ekonomi di Kota Raja itu.

Saat ini Kadin Kukar sedang mencari kesempatan. Agar pengusaha lokal dapat berkiprah dalam pembangunan di Kukar. Apalagi Kukar sudah ditetapkan menjadi ibu kota negara (IKN).

"Pengusaha kami jangan sampai jadi penonton nanti. Kalau pendatang kesini, orang lain yang dapat pekerjaan," ucap Syaiful Anwar.

Untuk saat ini, pengusaha lokal kalah dengan pengusaha luar. Dikarenakan saat ini pengusaha lokal tidak bisa bergerak dengan leluasa. Ia mencontohkan di bidang kontraktor. Untuk pembangunan badan jalan. Kontraktornya berasal dari daerah luar Kukar. Seperti Samarinda dan Balikpapan.

"Kalau Kukar sama sekali tidak ada," ujar Anwar.

Anwar juga berharap kedepannya pengusaha lokal bisa lebih eksis. Ia akan terus mendukung pengusaha-pengusaha lokal. Terakhir Kadin Kukar sudah melaksanakan pendekatan kepada SKK Migas. "Ini akan berhasil," yakin Anwar.

Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid turut menaruh harapan besar pada Kadin Kukar. Ia berharap keberadaan Kadin bisa banyak mengambil peran. Dalam kegiatan dunia usaha di Kukar.

Rasid menginginkan kegiatan Kadin Kukar tidak hanya terfokus pada kegiatan fisik saja. Tapi lebih luas lagi. Karena mencakup kegiatan pertanian, perkebunan, migas dan batubara.

Untuk bisa mengambil kesempatan itu. Rasid menjelaskan Kadin Kukar harus siap dengan SDM-nya. Agar mampu bersaing dengan daerah lain. "Oleh karena itu harus disiapkan," ungkap Rasid.

Diketahui, untuk saat ini Kadin Kukar sudah membawahi sedikitnya 30 lebih pengusaha lokal yang ada di Kukar. Namun masih terbatas di dua bidang saja. Yakni bidang konstruksi dan bidang barang serta jasa.

Dalam momen ini hadir juga pengurus kadin Andi Santo Mangapi sebagai dewan penasihat. Wakil Ketua, Syahrul Samsudin, Fitriana, Yunus Ruru dan Hendriansyah.(adv/mrf/ion)

Tags :
Kategori :

Terkait