Jokowi: Kalau Sudah Divaksin, Segera PTM

Senin 13-09-2021,17:58 WIB
Reporter : Disway Kaltim Group
Editor : Disway Kaltim Group

Selama ini, sasaran vaksinasi pelajar dilaksanakan seluruh Puskesmas. Ada 27 puskesmas di Balikpapan, yang mengerahkan timnya bergerak ke semua sekolah-sekolah di wilayah kerjanya masing-masing.

"Kemudian kita banyak mendapat bantuan dari BIN dan TNI Polri. Jadi memang semua bergerak dengan sasaran anak sekolah," terangnya.

Selain itu, sampai saat ini juga masih ada beberapa sekolah yang pencapaian vaksinasinya. Hal ini disinyalir lantaran terkait izin dari orang tua atau wali murid.

"Jadi laporan dari Puskesmas, bahwa Puskesmas sudah siap, namun anak sekolah yang belum siap," katanya.

Adapun sekolah yang capaian vaksinasinya dianggap masih kecil, yakni dari sekolah keagamaan. Masih banyak orang tua yang belum mendapat edukasi yang benar terkait perlunya vaksinasi bagi kesehatan masyarakat di tengah masa pandemi.

"Ya nantinya dilakukan (pertemuan) zoom oleh Puskesmas kepada orang tua. Kalau guru-guru sih semua sudah mendukung, sekolah susah mendukung tidak ada masalah sekolah dan guru, tinggal izin dari orang tua," ungkapnya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, kata dia, Diskes akan terus melakukan edukasi memberi pemahaman kepada orang tua dan masyarakat, bahwa vaksinasi sangat diperlukan untuk melindungi anak terutama saat melaksanakan PTM nanti.

"Sebagaimana tadi disebutkan Bapak Presiden bahwa anak-anak yang sudah divaksin siap untuk melaksanakan PTM, selagi kawasan tersebut sudah tidak level 4," pungkasnya. (ryn/ava)

Tags :
Kategori :

Terkait