IKN Baru Harus Green Smart City

Sabtu 03-04-2021,16:05 WIB
Reporter : Y Samuel Laurens
Editor : Y Samuel Laurens

PPU, Nomorsatukaltim.com - Pemerintah Pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) serta Bappenas RI memastikan penataan dan pengelolaan Ibu Kota Negara atau IKN baru di Benua Etam. Yakni memastikan tidak mengganggu kawasan konservasi hutan lindung atau bernuansa lingkungan yang hijau dan modern (Green Smart City).

Menteri LHK RI, Siti Nurbaya Bakar didampingi Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor serta Deputi Bidang Kemaritiman dan SDA Bappenas RI Arifin Rudiyanto menerangkan bahwa saat ini pemerintah pusat terus berupaya memastikan bahwa IKN memiliki kawasan-kawasan yang ramah lingkungan atau lingkungan hijau.

"Saat ini Pemerintah Pusat terus mempersiapkan kawasan lokasi IKN baru khususnya dalam penataan lingkungan hijau atau Green Smart City," sebut Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, didampingi Arifin Rudiyanto dan Gubernur Isran Noor, saat kunjungan kerja monitoring ke lokasi pembangunan pusat gedung pemerintahan calon IKN pada Sabtu (3/4/2021).

Rombongan nampak meninjau langsung persemaian IKN, dari Menara Pantauan atau Tower Bukit Sudarmono, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Siti Nurbaya meyakini, pengembangan IKN tidak akan menganggu kawasan konservasi. Apalagi menggangu habitat satwa-satwa yang hidup di lokasi tersebut. Bahkan, jika ada masih kawasan yang hijau, maka tetap dipertahankan.

"Kami langsung meninjau lokasi ini. Untuk memastikan lokasi yang disiapkan sesuai dengan kondisi geografis di daerah ini," tegasnya.

Sedangkan kapasitas berapa jumlah bibit penghijauan dan lahan disiapkan masih menunggu detail enginering oleh Kementerian PUPR. Tentunya, ada titik yang akan dibangun kawasan hijau tersebut.

"Bahkan jika ada lokasi yang rusak, maka segera dihijaukan kembali," sambungnya.

Gubernur Kaltim Isran Noor mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemerintah Pusat atas komitmen tersebut.

"Pemprov Kaltim dan masyarakat terus mendukung," ucapnya.

Setelah dari Menara Pantauan rombongan Menteri LHK dan Gubernur Isran Noor ke persemaian mangrove di World Mangrove Centre Desa Mentawir. Hadir mendampingi Gubernur Isran Noor, Kadishut Kaltim Amrullah dan Kadis LH Kaltim EA Riffadin Rizal. (hry/sam)

Tags :
Kategori :

Terkait