DPD PAN Kutim Targetkan Tambah Kursi

Rabu 17-03-2021,11:14 WIB
Reporter : Y Samuel Laurens
Editor : Y Samuel Laurens

Kutim, Nomorsatukaltim.com – Permasalahan di Kutai Timur (Kutim) seolah tak ada habisnya. DPD PAN Kutim melalui perwakilannya di DPRD kerap menyuarakan. Namun kerap tak terdengar, karena jumlah kursi yang dimiliki belum cukup membuat satu fraksi. Target pun dipasang untuk mencapai tujuan itu.

Ketua DPD PAN Kutim, Asmawardhi mengatakan, sebagai ketua baru dirinya ingin mendapatkan tambahan kursi. Paling tidak, bisa menjadi satu fraksi penuh menurutnya bukan capaian yang buruk. Dengan begitu, partai pimpinan Zulkifli Hasan itu bisa memiliki bargaining politik yang bagus di Kutim. “Kami sering suarakan masalah buruh, kesehatan dan pendidikan. Tetapi sepertinya pemkab tak pernah mendengar masukan kami,” ucapnya.

Dirinya menilai semua itu karena PAN di DPRD Kutim hanya jadi fraksi gabungan. Bersama PKS dan Partai Berkarya terbentuk fraksi Amanat Keadilan Berkarya. Hal ini rupanya belum cukup kuat menjadi nilai tawar PAN terhadap Pemkab Kutim. “Makanya saya mau nanti ke depannya PAN harus bisa dapat banyak kursi,” imbuhnya. Sebagai ketua partai, ia sudah memasang beberapa strategi. Mulai dari menyiapkan kader petarung di masing-masing daerah pemilihan. Membuat metode kampanye menarik hingga peningkatan kapasitas anggota akan dilakukan. Sebab ia sadar untuk mencapai target tersebut tidaklah mudah. “Mulai sekarang sudah harus disiapkan. Tidak bisa menunggu lagi,” tuturnya. Selain itu, dirinya juga akan melibatkan semua unsur anggota partai. Termasuk membuat lingkungan partai yang transparan. Dengan begitu, ia menilai mesin partai dapat bergerak kencang. Sehingga saat pemilihan berlangsung DPD PAN Kutim sudah siap bertarung. “Harus dicoba pola seperti itu. Agar semua elemen di partai bisa bergerak,” bebernya. Diketahui, Asmawardi merupakan anggota DPRD Kutim sekaligus ketua fraksi Amanat Keadilan Berkarya. Dia sebelumnya terpilih pada pemilihan legislatif 2019 dengab daerah pemilihan meliputi Kecamatan Sangatta Selatan, Teluk Pandan, Bengalon, dan Rantau Pulung. Dalam musda awal Februari lalu, terdapat lima nama formatur calon ketua PAN Kutim yang diajukan ke DPW PAN Kaltim. Antara lain Suhartini, Basti Sanggalangi, Yosep Udau, Wawan, dan Asmawardi. Lantas nama Asmawardi yang dipilih menjadi ketua umum DPD PAN Kutim. Dirinya terpilih dari lima formatur tersebut adalah hasil dari berbagai proses yang ada pada kepartaian di PAN. “Kami sudah susun struktur partai PAN. Maka kemudian tinggal melakukan langkah selanjutnya,” tandasnya. (adv)
Tags :
Kategori :

Terkait