Pemkot Siapkan Administrasi Hibah Aset Pemprov

Sabtu 06-03-2021,23:29 WIB
Reporter : Y Samuel Laurens
Editor : Y Samuel Laurens

Samarinda, nomorsatukaltim.com - Wali Kota Samarinda Andi Harun memastikan pemkot akan segera memeroleh kepastian mengenai hibah dua aset Pemprov Kaltim. Yakni kawasan GOR Segiri dan eks Bandara Temindung.

Ia mengatakan, rencana hibah aset ini tengah berproses. Dirinya mengaku telah memerintahkan Asisten I Sekretariat Pemkot Samarinda Tejo Sutarnoto menyiapkan pengajuan resmi kepada pemprov.

"Masih berproses. Nanti juga harus mendapatkan persetujuan DPRD dan lain sebagainya. Kita ikuti prosedurnya," kata dia. "Tapi paling prinsip, bahwa Pak Gubernur sudah setuju. Tinggal proses administrasi tindak lanjutnya yang masih berjalan," sambungnya. Terkait hibah lahan eks Bandara Temindung, Andi Harun mengatakan, gubernur berharap agar kawasan itu dijadikan alternatif tempat relokasi warga di pesisir Sungai Karang Mumus (SKM) yang tergusur dalam program normalisasi. Namun menurutnya, terbuka kemungkinan pemanfaatan dan pengembangan lebih dari sekadar tempat relokasi. Pemkot berencana menjadikan bekas landasan pacu pesawat terbang ini sebagai bagian dari subsistem pengendalian banjir di Samarinda. Alasannya karena dinilai memiliki keterkaitan. Merupakan satu bagian hilir dari proses sedimentasi dan sistem aliran air dari bagian utara Samarinda. Andi Harun mengungkapkan, bahwa kawasan tersebut tidak akan menjadi kawasan commercial living. Atau dibangun gedung dan bangunan komersil. Sebab, sekali lagi bahwa basemen area tersebut sudah sangat rentan banjir. Sehingga berpotensi semakin meningkatkan eskalasi banjir jika tidak difungsikan dengan tepat. "Soal pemanfaatannya nanti berdasarkan kajian teknis dari para ahli," tandasnya. (das/eny)
Tags :
Kategori :

Terkait