Rekruitmen Pejuang Sigap Dibuka

Jumat 19-02-2021,09:53 WIB
Reporter : admin3 diskal
Editor : admin3 diskal

TANJUNG REDEB, DISWAY – Pemerintah Kabupaten Berau membuka pendaftaran Program Pejuang Sigap Sejahtera Tahun 2021 untuk 111 pejuang.  Ada dua formasi yang dibuka, yakni Fasilitator Kampung (Faskam) sebanyak 99 orang dan Koordinator Kecamatan (Korcam) sebanyak 12 orang untuk ditempatkan di 12 kecamatan di Kabupaten Berau.

Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui link https://forms.gle/huPakNmvihz5tKVm7. Sekretaris Pelaksana Program Pejuang Sigap Sejahtera Tahun 2021 Yusuf Wibisana mengatakan, pendaftaran hanya dilakukan secara online.
“Pendaftarannya sudah dimulai hari ini, yakni sejak 18 hingga 20 Februari mendatang. Jadi tiga hari saja batas pendaftarannya,” ungkapnya, Kamis (18/2).
Semenjak dibukanya pendaftaran rekruitmen Pejuang Sigap, sudah banyak yang telah mendaftar. Bahkan, pada Kamis kemarin, sudah lebih 50 pendaftar yang telah memasukkan lamarannya via online. Pendaftar tidak dibatasi, apakah dia pernah menjadi Pejuang Sigap Sejahtera sebelumnya atau tidak, tetapi memang ada persyaratan khusus bagi pendaftar yang belum pernah tergabung dalam program ini, yakni pernah memiliki pengalaman kerja pendampingan kampung minimal setahun bagi Koordinator Kecamatan.
Sedangkan bagi pendaftar Fasilitator Kampung yang baru harus membuat essay (tulisan tangan) tentang; (a). Penguatan Kapasitas Tata Kelola Pemerintahan Desa; atau (b). Pengelolaan Sumber Daya Alam oleh masyarakat desa; atau (c). Penguatan Ekonomi Desa di Kabupaten Berau.
Sementara bagi pendaftar yang pernah tergabung dalam Program Pejuang Sigap Sejahtera Tahun 2019/2020, wajib membuat essay (tulis tangan) tentang capaian selama tergabung dalam Program Pejuang Sigap Sejahtera dan rencana aksi apabila terpilih kembali sebagai Fasilitator Kampung maupun Koordinator Kecamatan Pejuang Sigap Sejahtera Tahun 2021.
Pelamar juga harus menyertakan Surat Pernyataan tidak tergabung sebagai pengurus partai politik,” ujarnya.
Kegiatan ini merupakan program unggulan Pemerintah Kabupaten Berau dalam melakukan pendampingan pembangunan kampung, dan telah berjalan sejak tahun 2019. Dikatakannya, sejak dilakukannya program ini telah memberikan kontribusi nyata dalam proses pembangunan kampung di Kabupaten Berau.
“Program ini bertujuan menjadikan kampung berdaya saing, mandiri dan sejahtera,” jelasnya.
Diterangkannya, untuk formasi Faskam akan bertugas melakukan fasilitasi pendampingan di tingkat kampung. Bersedia dan siap melaksanakan program kerja dan capaian output kerja yang akan dibebankan kepadanya dalam rangka pendampingan kampung.
Kemudian untuk Korcam bertugas membangun komunikasi yang baik dengan aparatur pemerintah kecamatan, dan seluruh aparatur pemerintah kampung di lokasi wilayah kerjanya. Selain itu, juga melakukan fasilitasi dan membantu Fasilitator Kampung untuk melaksanakan program kerja dan mencapai output kerja di wilayah kecamatan penempatannya.
“Mereka juga memastikan keaktifan seluruh faskam pada wilayah kerjanya, agar mampu melaksanakan seluruh program kerja dan capaian output yang telah dilakukan,” terangnya.
Jika ada informasi yang kurang jelas, Panitia Rekruitmen Pejuang Sigap Sejahtera juga telah menempatkan nomor telepon yang bisa dihubungi oleh pendaftar.
“Untuk informasi pendaftaran dapat menghubungi Call Center Pejuang Sigap Sejahtera di nomor 0822-1035-5883,” pungkasnya. (*/ZZA)
Tags :
Kategori :

Terkait