Warga Kaltimra Mulai Minati Konsumsi Daging Kerbau

Selasa 17-09-2019,12:27 WIB
Reporter : Devi Alamsyah
Editor : Devi Alamsyah

Daging kerbau berukuran 1 kg yang banyak dicari konsumen rumah tangga. Permintaannya terus meningkat. 

==========  

Balikpapan, DiswayKaltim.com – Daging kerbau mulai banyak diminati warga Kaltim Timur dan Utara (Kaltimra). Tingkat konsumsinya hingga awal September 2019, sudah mencapai 420 ton.

Perum Bulog Regional (Divre) Kalimantan Timur dan Utara (Kaltimra) mulai mengenalkan dan menyediakan daging kerbau ini saat memasuki semester II tahun 2018.

“Awalnya cukup sulit untuk kenalkan daging kerbau. Pengganti sapi. Tetapi saat ini animo masyarakat cukup tinggi,” ucap Kepala Bulog Divre Kaltim Arwakhudin Widiarso, Selasa (17/9/2019).

Untuk memenuhi kebutuhan warga, Bulog masih terus mendatangkan daging kerbau. “Sebentar lagi datang 52 ton. Itu tersebar ada di Balikpapan, Samarinda dan daerah lainnya di Kaltimra. Jujur saja. Agen-agen sampai kehabisan,” katanya.

Menurutnya, permintaan tinggi daging kerbau didominasi oleh permintaan rumah tangga. “Rata-rata mereka mintanya satu kilogram. Sementara yang disediakan meatbox atau 20 kilogram,” ungkap pria yang akrab disapa Wiwid.

Karena animonya cukup bagus, maka kemasan yang datang 90 persen berukuran 1 kilogram. Sisanya dengan ukuran 20 kilogram. “Perkilogram itu kita jual ke Rumah Pangan Kita Rp 70 ribu,” sebutnya.

Untuk diketahui, daging kerbau dipasarkan ke masyarakat sebagai alternatif konsumsi. (fey/dah)

Tags :
Kategori :

Terkait