DPRD Balikpapan Targetkan AKD Rampung September Ini

Sabtu 14-09-2019,20:30 WIB
Reporter : Devi Alamsyah
Editor : Devi Alamsyah

Balikpapan, DiswayKaltim.com - DPRD Balikpapan menargetkan pembentukan AKD (Alat Kelengkapan Dewan) rampung bulan ini. September 2019. Ini disampaikan Thohari Aziz, salah satu pimpinan sementara DPRD Balikpapan.

"Targetnya bulan ini semua sudah rampung," katanya kepada DiswayKaltim.com, Sabtu (14/9/2019).

Namun demikian, pembentukan AKD juga tergantung pada Gubernur Kaltim. Tepatnya, surat keputusan (SK) gubernur mengenai unsur pimpinan DPRD Balikpapan.

"Ini kan nama-nama unsur pimpinan sudah ada. Selanjutnya nanti akan dikirim ke gubernur agar turun SK definitifnya. Tergantung itu juga. Semakin cepat di SK-kan ya semakin cepat juga AKD terbentuk," katanya.

Pasalnya, pembahasan dan pembentukan AKD usai pelantikan unsur pimpinan definitif. Berdasarkan SK gubernur tersebut. "Ya kita targetnya bulan ini rampung," tambahnya.

Pembentukan AKD ini berkaitan erat dengan pembahasan APBD (Anggaran Pendapatan Belanjan Daerah) Balikpapan tahun 2020. "Kalau sudah AKD, baru bahas anggaran. APBD 2020. Untuk APBD, itu paling lambat diketok akhir November 2019," ungkapnya.

Untuk diketahui, AKD di DPRD Balikpapan terdiri dari empat komisi. Komisi I, Komisi II, Komisi III dan Komisi IV. Kemudian BK (Badan Kehormatan), Bapem Perda (Badan Pembentukan Peraturan Daerah), Banggar (Badan Anggaran) dan Banmus (Badan Musyawarah). (adv/sah)

Tags :
Kategori :

Terkait