Pasca Pilkada, Mahulu Kondusif

Senin 14-12-2020,09:16 WIB
Reporter : Disway Kaltim Group
Editor : Disway Kaltim Group

Mahulu, nomorsatukaltim.com – Dalam Pilkada Mahulu 2020, Polres Kutai Barat (Kubar) menguatkan pengamanan terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Pasca pelaksanaan Pilkada 9 Desember lalu, personel Polres Kubar masih mengantisipasi kamtibmas bersama Polsek Long Bagun.

“Pada saat pemungutan suara, sejumlah personel Polres Kubar ditugaskan ke 85 Tempat Pemungutan Suara (TPS) se-Mahulu,” terang Wakapolres Kubar Kompol I Nyoman Wijana didampingi Kapolsek Long Bagun AKP Purwanto kepada wartawan di Kantor KPU Mahulu, Kampung Long Bagun Ilir, Kecamatan Long Bagun, Sabtu (12/12).

Selain di TPS, pada sejumlah mako polsek se-Mahulu, personel Porles juga disiagakan. Untuk mengantisipasi cipta kondisi (cipkon) kamtibmas.

“Di mako polsek siaga tiga sampai empat personel. Itu berlangsung sampai saat ini. Karena rekapitulasi suara tingkat kabupaten belum dilaksanakan,” ujar Nyoman.

Sampai saat ini situasi kamtibmas di lima kecamatan di Mahulu tetap kondusif. Selama proses pemungutan suara hingga rekapitulasi tingkat PPK, tidak ada gejolak di masyarakat.

Ia pun membeberkan sejumlah personel yang dikerahkan untuk mengamankan Mahulu selama Pilkada 2020. “Bantuan Kendali Operasi (BKO) dari Polres Kubar ke Mahulu sebanyak 25 personel. Termasuk perwira,” ungkapnya.

Personel BKO Polres Kubar itu disebar di Kecamatan Long Hubung, Laham, dan Long Pahangai. Sementara di Kecamatan Long Bagun hanya perwira. Karena sudah ada personel Polsek Long Bagun.

Kata dia, untuk mengantisipasi kamtibmas Kubar dan Mahulu, ada BKO sebanyak 95 personel. Dari pasukan Brigade Mobil (Brimob) yang bertugas di Kubar. “Sewaktu-waktu jika darurat, maka akan mobilisasi ke Mahulu,” tutur Nyoman.

Pilkada Mahulu sudah terlaksana dengan aman dan kkondusif. Masyarakat diimbau agar tetap menjaga kamtibmas. Menguatkan persatuan dan kesatuan, dan membangun Mahulu bersama-sama.

“Jika selama ini antar teman, sahabat, dan keluarga ada kerenggangan, mari bersatu kembali. Kembali bersama kuatkan kebersamaan dan sosial,” tandas Nyoman. (imy/qn)

Tags :
Kategori :

Terkait