BPJS Kesehatan Gelar Temu Pelanggan

Kamis 22-10-2020,22:33 WIB
Reporter : Y Samuel Laurens
Editor : Y Samuel Laurens

Samarinda, Nomorsatukaltim.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Samarinda, sukses Gelar Temu Pelanggan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tahun 2020, Kamis (22/10) pagi.

Agenda digelar di aula Ballroom Hotel Harris Samarinda, Jalan Untung Suropati dan berlangsung secara daring.  Saat dihampiri di sela-sela acara, Kepala BPJS Cabang Samarinda, Mangisi Raja Simarmata menyampaikan, BPJS Kesehatan terus melakukan sosialisasi. Agar masyarakat semakin paham mengenai kebijakan dan regulasi program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), meski di tengah kondisi pandemi COVID-19. Lewat kegiatan Temu Pelanggan, BPJS Kesehatan terus meningkatkan pemahaman seluruh badan usaha sebagai langkah optimalisasi kepuasan Peserta Penerima Upah (PPU). "Yang kita layani adalah seorang pelanggan. Sebagai badan publik, masyarakat menjadi obyek dan inspirasi bagi kita dalam meningkatkan pelayanan,"ucap pria yang dikenal ramah ini.

Ia menambahkan sosialisasi ini memperkenalkan layanan non tatap muka BPJS Kesehatan, yang dapat diakses oleh Peserta JKN. Tanpa harus jauh-jauh datang ke kantor cabang. Dengan memberikan kemudahan layanan pada masa pandemi, sebagai upaya menjaga imunitas.

Sementara itu, Direktur Bidang Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan, Andayani Budi Lestari menjelaskan, BPJS Kesehatan terus mengoptimalkan kepuasan peserta lewat layanan digital kepada peserta. Hadirnya aplikasi e-Dabu Mobile, kata Andhayani dapat memudahkan administrasi bagi peserta. Terutama pada segmen PPU-BU yang dapat diakses dengan mudah oleh badan usaha kapan saja dan dimana saja melalui smartphone. "Indeks kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan Progranm JKN-KIS tercatat sudah mencapai 84 persen,” sebut Andayani.

Katanya hal ini terwujud berkat komitmen penuh BPJS Kesehatan dan seluruh stakeholder lainnya memberikan pelayanan terbaik. Guna meningkatkan kinerja kepuasan terhadap peserta.

Selain e-Dabu Mobile, layanan administratif juga dapat diakses peserta JKN-KIS badan usaha melalui berbagai kanal, seperti aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 1500 400, serta pelayanan administrasi melalui whatsapp (Pandawa). "Harapan kami, badan usaha dapat meneruskan informasi ini kepada para pekerjanya agar mereka dapat benar-benar paham dan bisa seoptimal mungkin memanfaatkan aneka kemudahan layanan yang telah kami sediakan,”pungkasnya.

Banyak peserta turut mengapresiasi kegiatan Temu Pelanggan yang digelar oleh BPJS Kesehatan. Salah satunya Kepala Sub bagian HRD PT Kayu Lapis Asli Murni, Sarmono.  "Kegiatan seperti ini sangat bagus diadakan karena  Badan Usaha akan mendapatkan  informasi terbaru seputar BPJS Kesehatan seperti program Pandawa yang memberikan kemudahan bagi Badan Usaha dalam urusan administrasi tanpa harus ke Kantor BPJS Kesehatan," harapnya.

Ia berharap peserta yang hadir juga mendapatkan ilmu terbaru terkait tips-tips hidup sehat dan menjaga imunitas dari Ade Rai. Yang sangat berguna untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. (adv/top/boy)

Tags :
Kategori :

Terkait