PHKT Dukung Pembangunan Jembatan di Kelurahan Lawe-lawe

Rabu 07-10-2020,21:16 WIB
Reporter : Y Samuel Laurens
Editor : Y Samuel Laurens

PPU, Nomorsatukaltim.com, Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat sekitar, Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) melalui program CSR bidang infrastruktur membantu pembangunan jembatan penghubung 2 (dua) RT (RT 02 dan RT 04) di Kelurahan Lawe-lawe, Kecamatan Penajam yang setiap harinya dilalui oleh masyarakat petani sekitar dalam memasarkan hasil pertanian serta para santri dari Pondok Pesantren Jannatul Firdaus Kelurahan Lawe-lawe.

Bantuan Jembatan di Kelurahan lawe-lawe tersebut diserahkan oleh PHKT yang secara langsung diterima oleh Lurah lawe-lawe, Mardhani pada tanggal 1 Oktober 2020 di Lokasi Jembatan Kelurahan Lawe-lawe tersebut. Acara serah terima ini juga dihadiri oleh Asisten II Pemkab PPU, Ahmad Usman, Asisten Ekbang Setkab PPU, Kabag Pembangunan Setkab PPU, Ketua LPM Lawe-lawe dan perwakilan Ketua RT setempat.

Dalam sambutannya Lurah Lawe-lawe Mardhani menyampaikan apresiasi kepada PHKT yang secara berkelanjutan menjalankan program CSR di wilayah Kelurahan lawe-lawe seperti Pembangunan Jembatan, Program English Club, serta bantuan komputer dan printer penunjang pelayanan kepada masyarakat Kelurahan Lawe-lawe. Selain itu apresiasi juga datang dari Wakil Bupati Kabupaten PPU Ir.H Hamdan yang menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada PHKT. “Terima kasih atas kepedulian PHKT, Jembatan ini sangat bermanfaat dan sudah menjadi harapan masyarakat sekitar, semoga kerjasama dan dukungan PHKT dapat terus berlanjut ke depannya” tutur Hamdan.

Melanjutkan sambutan Lurah Lawe-lawe, Asisten II Setkab PPU bidang Ekonomi dan Pembangunan, Ahmad Usman turut menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas kepedulian PHKT melalui program-program CSR kepada masyarakat PPU, baik di bidang infrastruktur, kesehatan, lingkungan seperti bantuan survei dan pemboran air bawah tanah di desa lokus stunting di Kecamatan Babulu, Suplai Jaringan Gas Rumah Tangga, dan bantuan Thermometer Infra-red kepada para kader Posyandu di Kelurahan Penajam serta bantuan lainnya.

Bangunan jembatan yang baru selesai dikerjakan. (Ist)

Pjs Manager Relation PHKT, Asep Sulaeman menyatakan bahwa PHKT terus berkomitmen mengelola CSR / Tanggung Jawab Sosial Perusahaan melalui program pemberdayaan masyarakat berkelanjutan, salah satunya bidang pembangunan dan perbaikan fasilitas umum/publik. “Kami berharap dengan keberadaan jembatan penghubung antar 2 (dua) RT di Kelurahan Lawe-lawe ini dapat bermanfaat dan bernilai tambah bagi para pengguna jalan, termasuk para petani yang semakin mudah memasarkan hasil buminya serta para santri di sekitar wilayah ini” ungkap Asep.

Sebelum dibangunnya jembatan permanen di Kelurahan Lawe-lawe ini, kondisi tanah di sekitar badan jalan penghubung antar 2 (dua) RT tersebut sering terjadi longsor akibat tergerus air, khususnya pada kondisi musim penghujan. Keberadaan jembatan ini sangat strategis dan bermanfaat bagi masyarakat wilayah yang menggunakan jembatan ini setiap harinya, yaitu sekitar 400 orang masyarakat sekitar dan para santri PP Jannatul Firdaus Lawe Lawe sebanyak 45 orang.

Harapan juga datang dari masyarakat lawe-lawe, “Sejak tahun 2013 saya bertempat tinggal di dekat jembatan ini, dulu kami selalu khawatir dengan kondisi jalan yang mengkhawatirkan tersebut, kami bersyukur sudah ada jembatan permanen yang setiap saat dapat dilalui tanpa adanya genangan air lagi“ tutur Jumardin warga RT 02 Lawe-lawe yang rumahnya tidak jauh dari lokasi jembatan penghubung tersebut.

Dalam pelaksanaan CSR bidang infrastruktur, PHKT juga turut mendukung Pemkab PPU, seperti antara lain bantuan Sumur Bawah Tanah di Kecamatan Babulu PPU, renovasi Masjid Kelurahan Waru PPU dan juga termasuk bantuan Jembatan Lawe-lawe tersebut.

PHKT berkomitmen untuk terus mendukung pemerintah dan masyarakat melalui program Corporate Social Responsibilities (CSR) yang berwawasan lingkungan secara berkelanjutan, sebagai upaya mendukung peningkatan kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat sekitar sehingga bernilai lebih bagi lingkungan dan masyarakat secara umum. (adv/sam)

Tags :
Kategori :

Terkait